3 Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Indah Permata Sari Sihombing

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita – Instagram merupakan platform media sosial yang memiliki kebijakan dan ketentuan untuk dipatuhi semua pengguna. Namun tidak semua pengguna Instagram mau melakukannya. Bahkan tidak sedikit pengguna Instagram yang melakukan pelanggaran untuk merugikan orang lain.

Upaya menghindari hal tersebut, Instagram menyediakan fitur block dan unblock yang dapat digunakan pengguna untuk membatasi akun milik mereka dari pengguna lain yang dapat mengganggu privasi dan kenyamanan dalam bersosial media.

Namun jika akun kamu diblokir oleh pengguna lain tanpa membuat kesalahan mungkin kamu akan bertanya-tanya dan ingin memulihkannya kembali. Disini kami telah merangkum cara melihat akun yang memblokir kita dan cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita.

Sekilas Tentang Blokir Instagram

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Selain menjadi media hiburan, Instagram juga digunakan sebagai tempat membagikan aktivitas pengguna berupa foto dan video. Secara tidak langsung Instagram berisi hal-hal yang berkaitan dengan privasi pengguna dalam bermedia sosial.

Terkait dengan privasi pengguna, adakalanya kamu menemukan pengguna lain yang memiliki kesenangan mengganggu aktivitas bermedia sosial yang membuat pengguna merasa tidak nyaman. Dengan demikian beberapa pengguna Instagram memanfaatkan fitur blokir sebagai langkah mengamankan akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Blokir Instagram itu sendiri merupakan keputusan yang dibuat pengguna Instagram untuk tidak memperbolehkan akun tertentu mengunjungi profil dan melihat konten yang diposting. Blokir Instagram bisa terbentuk dari 2 arah yaitu kita memblokir pengguna lain, atau pengguna lain yang memblokir kita.

Nama Aplikasi Instagram
Developer Contains ads In-App Purchases
Support Platform Media Sosial
Ulasan dan Jumlah Download 4.3 – 1B+ Downloads
Link Download Klik Disini

Penyebab Orang Memblokir Kita

Seseorang memblokir akun kita tentu karena ada penyebabnya. Sama halnya dengan kita yang memblokir pengguna lain, karena kita merasa terganggu dengan tindakan pengguna tersebut. Selain itu, akun diblokir juga bisa saja karena adanya konflik pribadi sesama pengguna yang menyebabkan pengguna tersebut tidak ingin terlibat dengan kita. Sebelum membahas cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita, ketahui dahulu hal yang menyebabkan pengguna tersebut memblokir akun kita.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan seseorang memblokir akun kita :

  • Mengirimkan pesan yang tidak diinginkan
  • Melakukan spam chat/panggilan
  • Memberikan komentar negatif/tidak sesuai kenyataan
  • Melakukan aksi yang membuat pengguna tidak nyaman/merasa dirugikan
  • Melanggar ketentuan Instagram

Tanda-tanda akun Instagram Diblokir Pengguna Lain

Saat pemblokiran akun dilakukan tidak ada pemberitahuan khusus yang diberikan oleh Instagram, namun kamu bisa mengetahui akun kamu diblokir melalui tanda-tanda dibawah ini.

Tidak Bisa Melihat Story Pemilik Akun

Akun yang sudah diblokir tidak akan bisa melihat postingan maupun story akun yang telah memblokir tersebut. Hal itu dikarenakan Instagram telah menutup koneksi akun kamu dan akun sipembokir agar tidak terlihat sama sekali.

Tidak Dapat Memberi Komentar Pada Postingan Si Pemilik Akun

Tanda berikutnya masih berhubungan dengan tanda akun diblokir sebelumnya. Jika kamu tidak bisa melihat postingan akun tersebut, maka kamu juga tidak bisa memberikan komentar pada postingan pengguna itu.

Tidak Dapat mengirim Pesan/DM

Jika akun kamu benar diblokir pengguna lain, maka Instagram akan otomatis menonaktifkan fitur DM kamu kepada pengguna tersebut, sehingga kamu tidak dapat melakukan pengiriman pesan kepada pengguna itu.

Tidak Dapat Menemukan Nama Pengguna Pada Kolom Pecarian

Untuk mencari nama pengguna lain di Instagram biasanya kita mengetikkan nama pengguna pada kolom pencarian, kemudian Instagram akan menampilkan beberapa akun yang sesuai dengan nama tersebut. Namun jika akun yang kamu cari tidak ditampilkan padahal sudah mengetik nama yang sesuai, artinya akun kamu sudah masuk daftar blokir pemilik akun tersebut.

Jika kamu belum yakin dengan tanda-tanda diatas, kamu dapat memastikan kembali akun kamu diblokir atau tidak menggunakan akun lain lalu mencari username yang sama. Jika username tersebut muncul atau ditemukan, maka akun kamu benar sudah diblokir. Setelah mengetahuihal tersebut, jika kamu ingin bisa melihat kembali akun tersebut maka perlu mengetahui cara membuka blokir instagram orang yang memblokir kita.

Cara Memblokir Akun Instagram Orang lain

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Kadang kala pasti ada seseorang yang menjengkelkan dan suka mengganggu aktivitas media soasial kamu. Misalnya saja, suka memberikan komentar buruk pada postingan maupun mengirim DM yang tidak baik.

Kejadian tersebut tentu membuat kamu risih dan tidak nyaman. Maka dari itu, kamu perlu mengambil langkah tegas agar terjauh dari hal yang demikian salah satunya dengan memblokir orang tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memblokir pengguna yang suka mengganggu bisa kamu lihat dibawah ini.

  • Silahkan  buka aplikasi Instagram, lalu loginkan akun
  • Pilih menu pencarian dengan mengklik icon kaca pembesar yang ada dibawah yar
  • Ketik username akun yang ingin diblokir
  • Jika sudah menemukan nama yang sesuai klik profil akun tersebut
  • Klik tanda titik tiga yang ada dipojok kanan atas layar
  • akan muncul beberapa opsi yang bisa dipilih, lalu klik blokir
  • Langka terakhir akan muncul opsi “Blokir” atau “Blokir dan laporkan”. Jika akun tersebut tidak menimbulkan kerugian kamu bisa meblokir saja, namun jika kamu merasa sangat terganggu dan dirugikan kamu bisa klik “blokir dan laporkan” agar akun tersebut bisa diselidiki oleh pihak Instagram.

Cara Membuka Akun Instagram Yang Diblokir

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Barang kali orang yang kamu blokir meminta maaf dan tidak akan mengganggu lagi, lalu kamu ingin membuka blokirnya bisa saja dilakukan dengan cara mudah dibawah ini :

  • Silahkan login ke aplikasi Instragram
  • Pilih menu profil, kemudian klik garis tiga yang berada disudut kanan atas
  • Pilih pengaturan dan privasi
  • Gulir kebawah, lalu buka menu blokir
  • Akan muncul daftar akun yang sudah kamu blokir
  • Klik akun yang ingin diunblock, lalu buka blokir.
  • Pemblokiran dibuka, aktivitas Instagram bisa dilakukan seperti biasa.

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Sama halnya dengan membuka akun yang kita blokir, kita juga dapat membuka blokir Instagram orang terhadap akun kita dengan cara dibawah ini.

Fitur Direct Message (DM)

Cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita melalui fitur DM dapat dilakukan jika kamu masih memiliki riwayat chat terhadap pengguna akun tersebut. Namun jika sudah tidak ada lagi maka kamu tidak dapat menggunakan cara berikut. Simak langkah-langkahnya  yang ada dibawah ini :

  • Silahkan buka aplikasi Instagram, lalu loginkan akun
  • Buka menu DM pada icon dipojok sebelah kanan atas
  • Lalu klik gambar pulpen dengan kertas yang ada disebelah kanan atas
  • Ketik username yang ingin dicari pada kolom Kepada/To
  • Lalu tulis pesan lalu kirim dengan mengklik tombol send
  • Selanjutnya silahkan mengunjungi profil akun tersebut dengan menekan gambar profil pada layar atas
  • Akan muncul opsi detail, lalu klik opsi Unblock user.

Explore

Cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita dapat dilakukan menggunakan fitur explore. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan akun yang diblokir dengan cara :

  • Silahkan buka aplikasi Instagram lalu login ke akun yang diblokir
  • Pilih menu explore (pencarian) pada layar bagian bawah
  • Ketik nama akun yang sebelumnya diblokir, lalu buka profilnya
  • Klik Unblock/Buka blokir pada profil
  • Pembukaan blokir berhasil berhasil dilakukan.

VPN

VPN digunakan untuk mengakses internet melalui server lokasi yang berbeda. Melalui VPN kamu dapat melihat konten yang diblokir atau menggantikan alamat IP kamu untuk melihat akun yang telah memblokir kamu.

Selain itu, kelebihan dengan menggunakan VPN yaitu bisa melindungi privasi kamu saat online. Disamping itu VPN memiliki kekurangan dimana potensi resiko keamanan yang tidak dapat diandalkan dan penggunaan internet yang semakin lambat.

Cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita dengan VPN :

  • Silahkan unduh aplikasi VPN diponsel yang kamu gunakan
  • Loginkan aplikasi VPN lalu pilih server pada lokasi yang berbeda
  • Buka Instagram melalui aplikasi VPN
  • Silahkan akses pengguna yang telah memblokir akun kamu

Pertanyaan Seputar Akun Yang Diblokir

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
  1. Apakah melakukan cara membuka blokir Instagram orang yang Memblokir kita melanggar aturan Instagram ?

Membuka blokiran di Instagram tidak melanggar hukum, namun kemungkinan dengan membuka blokir orang di Instagram dapat melanggar ketentuan yang ada pada Instagram. Jadi usahakan untuk memulihkan akun kembali dengan menggunakan cara yang legal.

2. Apakah ada cara membuka blokir Instagram secara otomatis ?

Tidak ada. Instagram belum ada menyediakan fitur otomatis untuk membuka akun terblokir.

3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuka blokir Instagram orang pada akun kita ?

Tidak dapat dipastikan, Tergantung cara apa yang digunakan untuk membuka blokiran. Jika kamu menggunakan cara dengan menghubungi pemilik akun tersebut untuk membuka blokir, blokiran bisa langsung dibuka atau bahkan tidak dibuka terkait alasan mereka membolokir dan peninjauan kembali keputusan yang sudah dibuat.

4. Apakah aman jika menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka blokir ?

Sebelum menggunakan aplikasinya, pastikan kamu melihat ulasan dan keamanan aplikasi tersebut agar tidak membahayakan data dan Intagram yang kita punya.

5. Apakah pengguna Instagram akan mengetahui jika kita blokir mereka pada akun Instagram Kita ?

Tidak, hanya kita yang mengetahui bahwa blokiran tersebut sudah dibuka.

 Akhir Kata

Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Instagram Orang Yang Memblokir Kita

Itulah seputar cara membuka blokir Instagram orang yang memblokir kita. Agar akun tidak diblokir pengguna lain, pastikan kamu mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Instagram demi menjaga kenyamanan bersama dalam bersosial media.

Related Post

Tinggalkan komentar