Ragam

Pahami 8 Kerugian Menggunakan Kredivo

Sebelum mengajukan kredit, penting untuk memahami kerugian menggunakan Kredivo terlebih dahulu. Sebab, beberapa kerugian ini kerap dialami oleh pengguna yang sebelumnya sudah menggunakan layanan Kredivo.

Meskipun begitu, kerugian menggunakan kredivo yang dialami sebenarnya banyak terjadi karena kelalaian debitur atau pengguna seperti telat melakukan pembayaran tagihan. Hal ini yang menimbulkan beberapa kerugian pada pengguna Kredivo.

Disamping itu, aplikasi ini cukup membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dengan sistem bayar cicilan. Agar tidak salah-salah dalam menggunakan layanan, Mari kenali dahulu sekilas tentang Kredivo.

Sekilas Tentang Kredivo

Kredivo merupakan perusahaan pembiayaan yang telah memperoleh izin usaha dari OJK. Kredivo termasuk salah satu fintech terbesar di Indonesia yang berfokus melayani pembelian dengan sistem bayar nanti atau istilah yang dikenal “PayLatter”.

Ada banyak marketplace yang telah bekerja sama dengan Kredivo seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, BliBli, dan berbagai platform belanja online lainnya. Berbelanja menggunakan Kredivo dapat membantu kamu membeli barang dengan sistem pembayaran cicilan selama 30 hari, 3 bulan, 6 bulan bahkan selama 12 bulan.

Selain itu, berbagai keuntungan lainnya juga bisa kalian peroleh saat menggunakan kredivo seperti proses pengajuan kredit yang sangat mudah, limit kredit yang cukup besar, tidak diperlukannya jaminan dan juga pembayaran uang muka atau DP (Down payment).

Syarat Mendaftar Kredivo

Melihat keuntungan yang bisa diperoleh melalui Kredivo, wajar saja jika sebagian masyarakat tertarik untuk menggunakan layanan Kredivo. Jika kamu salah satunya, berikut syarat yang harus dilengkapi jika ingin mendaftar aplikasi Kredivo:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdomisili di wilayah layanan Kredivo.
  • Berusia minimum 18 tahun dan maksimum 60 tahun.
  • Miliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimum Rp.3000000 per bulan.

Selain syarat diatas, berikut beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk diunggah saat melakukan pendaftaran :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Alamat email dan nomor Handphone yang masih aktif.
  • Foto dokumentasi tempat tinggal.
  • Bukti penghasilan tetap atau slip gaji.
  • Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Akun  E-commerce yang digunakan untuk berbelanja online.

Cara Mendaftar Akun Kredivo

Setelah melengkapi syarat-syarat diatas, maka cara pendaftaran akun Kredivo sudah bisa dimulai. Namun sebelum itu, kamu harus tahu bahwa ada 2 jenis akun kredivo yaitu akun basic dan juga akun premium.

Kedua akun ini tentunya memiliki perbedaan. Pada akun basic tidak memiliki beban bunga (0%), tenor maksimum 30 hari, serta limit yang ditawarkan mencapai 3 juta. Sedangkan pada akun premium dibebankan bunga sebesar 2,6%, limit yang ditawarkan mencapai 30 juta, dan tenor mencapai 3 bulan, 6 bulan, bahkan 12 bulan.

Baca Juga :  20+ Grup Telegram Orang Luar Negeri Terbaik

Akun basic umumnya digunakan oleh pengguna baru. Berikut cara mendaftar akun basic Kredivo :

Kerugian Menggunakan Kredivo
Kerugian Menggunakan Kredivo
  • Silahkan download aplikasi Kredivo pada play store
  • Kemudian mulai pendaftaran, pilih akun Basic
  • Lengkapi data diri dan masukkan lokasi tempat tinggal.
  • Unggah foto KTP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo.
  • Unggah Swafoto wajah untuk melakukan verifikasi
  • Submit aplikasi jika seluruh data sudah benar.

Setelah pendaftaran berhasil dikirim silahkan tunggu konfirmasi selama 1×24 jam. Jika kamu ingin meng-upgrade jenis akun kredivo menjadi premium, maka lakukan beberapa tahap berikut :

Kerugian Menggunakan Kredivo
Kerugian Menggunakan Kredivo
  • Silahkan masuk ke aplikasi Kredivo untuk memulai pendaftaran
  • Pilih akun Premium
  • Unggah foto KTP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo
  • Lakukan verifikasi dengan mengambil foto wajah saat pendaftaran
  • Tautkan akun E-Commerce dengan riwayat transaksi sebagai Bukti Tempat Tinggal saat ini
  • Unggah Foto NPWP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo sebagai Bukti Penghasilan. Jika NPWP tidak ada, sebagai gantinya kamu bisa menautkan mobile banking sesuai nama KTP
  • Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap, kemudian Submit.

Tunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak Kredivo terkait pendaftaran yang kamu ajukan. Pendaftaran biasanya akan diproses selama 1 hari jam kerja.

Untuk pengajuan pada hari Senin-Jumat akan diproses pada pukul 09.00 wib hingga 17.00 wib dan pengajuan hari Sabtu akan diproses pukul 09.00 wib hingga 13.00 wib. Sedangkan pengajuan pendaftaran diluar waktu tersebut akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Kerugian Menggunakan Kredivo

Kerugian Menggunakan Kredivo
Kerugian Menggunakan Kredivo

Kredivo memang cukup membantu dalam layanan pinjaman online karena cara pengajuan nya yang cukup mudah. Namun sebelum menggunakan layanan ini, pastikan untuk memahami kerugian menggunakan Kredivo yang akan diterima nantinya.

Berikut beberapa kerugian menggunakan Kredivo yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan kredit barang atau paylatter :

Tingkat Suku Bunga Besar

Hal umum yang paling dikenal dari Kredivo ialah aplikasi yang memiliki tingkat suku bunga yang cukup besar. Dengan begitu, jumlah tagihan yang harus dibayarkan akan semakin besar.

Namun mengetahui bahwa Kredivo merupakan platform pinjaman online yang cukup mudah digunakan karena tanpa jaminan juga DP, tentu ini hal yang wajar demi keuntungan dan kenyamanan kedua belah pihak (Peminjam dan pemberi aman).

Jumlah suku bunga setiap pinjaman juga berbeda-beda tergantung pada jenis layanan dan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, jangan gegabah untuk mengambil pinjaman online sebelum benar-benar paham semua kerugian menggunakan Kredivo yang berlaku, terlebih terkait tingkat suku bunga.

Baca Juga :  50+ Judul Film Telegram Terbaru 2024: Indonesia, Barat, Korea

Wilayah Operasi Terbatas

Sampai saat ini, Kredivo diketahui belum beroperasi diseluruh wilayah Indonesia. Sehingga bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan Kredivo harus memperhatikan jangkauan wilayah operasional nya terlebih dahulu.

Wilayah layanan Kredivo di Pulau Jawa antara lain adalah Bandung, Jabodetabek, Cirebon, Purwakarta, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Kediri, Malang, dan Surabaya. Sedangkan untuk area luar Jawa, layanan Kredivo beroperasi didaerah Bali, Samarinda, Pekanbaru, Palembang, Padang, Medan, Manado, Makassar, dan Balikpapan.

Jika kamu tinggal didaerah yang telah disebutkan, maka kamu bisa memanfaatkan layanan Paylater dari Kredivo. Selain itu, Jika tempat tinggal kamu tidak berada di wilayah operasi Kredivo, namun kamu berdomisili di wilayah operasi, maka kamu tetap bisa menggunakan layanan nya dengan cara menyertakan surat keterangan domisili saat pendaftaran.

Tenor Lebih Cepat

Kredivo menyediakan beberapa pilihan tenor, dalam waktu yang tergolong singkat jika dibandingkan dengan layanan pinjaman online lainnya.

Untuk pengguna jenis akun basic, tenor yang ditawarkan hanya selama 30 hari dengan limit maksimal sebesar 3 juta rupiah. Sedangkan untuk mendapatkan limit yang lebih besar hingga 30 juta pengguna harus beralih akun menjadi akun premium, dimana jangka waktu pembayaran yang ditawarkan hanya sampai 12 bulan.

Tentu jumlah pinjaman 30 juta dengan tenor 12 bulan cukup memberatkan debitur karena besaran tagihan yang terlalu besar. Maka dari itu, sebelum melakukan pinjaman atau paylatter, pertimbangkan kembali kerugian menggunakan Kredivo berikut ini.

Keinginan Berbelanja Meningkat

Memiliki kesempatan berbelanja tanpa memberikan DP ataupun jaminan sangat menggiurkan bukan? Bahkan tidak hanya kaum wanita saja, kaum pria yang sedang mengincar barang tertentu namun belum memiliki saldo  juga akan tertarik menggunakan layanan Kredivo.

Kemudahan layanan ini menjadi salah satu kerugian menggunakan Kredivo yang paling dirasakan penggunanya. Apalagi jika kesulitan menahan diri serta pengolahan keuangan yang kurang baik akan membuat pengguna terjebak dalam kecanduan berbelanja.

Sanksi Telat Bayar Tagihan

Setiap layanan yang memberi kesempatan pinjaman online tentu memiliki ketentuan yang harus disepakati oleh calon debitur, tak terkecuali Kredivo. Salah satu ketentuan yang dimaksud adalah sanksi ketika telat membayar tagihan.

kerugian menggunakan Kredivo ialah memberikan sanksi berupa denda sebesar 3% perbulan kepada debiturnya bila telat membayarkan kewajibannya. Meskipun terbilang kecil, jika kamu mengabaikan pembayaran tersebut, akan menyebabkan jumlah tagihan yang semakin menumpuk dan tentunya semakin berat beban yang harus ditanggung setiap bulannya.

Untuk itu, pastikan kamu mengambil pinjaman yang tidak memberatkan saat pembayaran setiap bulannya serta mengingat tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan.

Baca Juga :  HP Mirip iPhone 14 Mulai Dari Harga 1 Jutaan Saja

Adanya Tim Lapangan (Debt Collector)

Selain denda, kerugian menggunakan Kredivo adalah adanya tim lapangan atau dikenal Debt Collector. Debt Collector Kredivo berperan dalam melakuan penagihan hutang pada debitur. Penagihan akan dilakukan secara bertahap mulai dari pemberitahuan awal via SMS maupun WhatsApp hingga penagihan secara langsung ke alatmat debitur.

Berdasarkan pengakuan beberapa debitur yang telat membayar tagihan merasa sangat terganggu. Hal itu dikarenakan Debt Collector akan menjumpai pihak debitur terus menerus sampai tagihan terbayar kan.

Resiko Peretasan Data

Kerugian menggunakan Kredivo yang kerap terkabar ialah terjadinya peretasan data. Kredivo termasuk platform pinjaman online yang cukup aman karena telah diawasi oleh OJK, namun ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pembobolan data oleh oknum tertentu.

Dimana pada saat pengguna Kredivo mendaftarkan data diri secara online memberikan kesempatan pada oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data demi kepentingan pribadi mereka. Kerugian menggunakan Kredivo yang satu ini bisa sangat fatal apabila data tersebut digunakan untuk hal berbau negatif.

Kendala Pembayaran Terdaftar di BI Checking

Setiap platform yang telah terdaftar OJK akan diawasi aktivitasnya termasuk lalu lintas pembayaran tagihan. Jika kamu memiliki riwayat kendala pembayaran tagihan pada Kredivo, maka riwayat tersebut akan terdaftar pada BI Cheking.

Apabila kendala keterlambatan bayar tagihan sering terjadi maka akan mempengaruhi citra kredit kamu menjadi buruk. Citra kredit yang buruk dapat mempersulit pengajuan pinjaman di kemudian hari. Kerugian menggunakan Kredivo berikut ini bisa berdampak jangka panjang lhoo.

Saat kamu membutuhkan dana mendadak seperti keperluan untuk Kredit pembiayaan rumah (KPR), biaya sekolah, atau kredit membeli kendaraan akan lebih sulit diproses bahkan berkemungkinan pengajuan ditolak. Jadi pastikan menjalankan proses pinjaman online sesuai ketentuan yah sobat..

Keuntungan Menggunakan Kredivo Keterangan
Cicilan tanpa kartu kredit Kemampuan untuk berbelanja secara online dan offline dengan membayar dalam cicilan tanpa harus memiliki kartu kredit
Proses pengajuan cepat Proses pengajuan kredit yang cepat dan mudah melalui aplikasi mobile atau situs web kredivo
Persetujuan otomatis Kredivo menggunakan teknologi untuk persetujuan otomatis, memungkinkan pengguna mendapatkan keputusan dalam waktu singkat
Batas kredit fleksibel Pengguna dapat menyesuaikan batas kredit sesuai dengan kebutuhan dan keuangan pribadi mereka
Tidak memerlukan kartu kredit fisik Pengguna tidak perlu memiliki kartu kredit fisik untuk menikmati layanan kredivo
Penawaran dan diskon Terdapat penawaran khusus dan diskon bagi pengguna kredivo di beberapa merchant mitra
Cicilan ringan Pengguna dapat memilih opsi cicilan yang sesuai dengan kemampuan pembayaran mereka, membantu mengelola keuangan dengan lebih baik
Akses ke penawaran eksklusif Pengguna kredivo dapat mendapatkan akses ke penawaran dan promo eksklusif dari merchant mitra

Penutup

Kerugian Menggunakan Kredivo
Kerugian Menggunakan Kredivo

Itulah beberapa kerugian menggunakan Kredivo yang bisa terjadi jika lalai dalam membayar kewajiban. Kredivo termasuk aplikasi yang sangat mempermudah penggunanya dalam melakukan Paylatter. Namun, agar pengunaan layanan ini bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang, pastikan untuk mengikuti ketentuan yang sudah berlaku.

Back to top button