Tips

4 Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee: Ada Yang Sama Pernah Ngalamin?

Solusi kepencet pesanan diterima di Shopee sangat diperlukan ketika secara tidak sengaja menekan tombol ‘Pesanan Diterima’ di aplikasi Shopee.

Situasi ketika tidak sengaja mengkonfirmasi ‘Pesanan Diterima’ bisa menjadi momen yang membuat khawatir dan cemas, terutama jika barang belum diterima atau diperiksa dengan baik.

Tapi sekarang anda tidak perlu lagi khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan solusi kepencet pesanan diterima di Shopee melalui langkah yang mudah dan pasti berhasil!

Sekilas Mengenai pesanan Diterima di Shopee

Arti Pesanan diterima di Shopee
Arti Pesanan diterima di Shopee

Sebelum membahas lebih lanjut tentang solusi kepencet pesanan diterima di Shopee, kamu tentu perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ‘pesanan diterima’ di Shopee, dan apa konsekuensinya jika secara tidak sengaja kepencet.

Arti ‘Pesanan Diterima” di Shopee

Berbelanja melalui platform e-commerce Shopee, biasanya pengguna akan melihat proses pengirim barang atau produk yang dibeli di Shopee,yang meliputi:

  1. Pembelian dan pembayaran:
    Dimana pembeli melakukan pemesanan akan suatu produk atau barang dari Shopee, serta menyelesaikan pembayaran (kecuali yang menggunakan metode pembayaran COD).
  2. Penjual mengirim barang:
    Barang yang sudah dipesan oleh pembeli akan di proses oleh seller/ penjual, lalu mengirimkannya sesuai dengan jasa pengiriman yang dipilih.
  3. Barang dikirim:
    Setelah melalui beberapa tahap proses pengiriman barang, pada tahap terakhir kurir akan mengantarkan barang ke alamat pembeli.
  4. Pembeli menerima barang:
    Ini adalah kondisi dimana pembeli telah menerima barang dan memeriksa kondisi serta kesesuaian barang tersebut (atau yang kerap disebut dengan unboxing).
  5. Konfirmasi penerimaan pesanan:
    Jika pembeli puas dengan barang yang diterima, maka mereka bisa menekan tombol ‘Pesanan diterima’ di aplikasi Shopee untuk mengkonfirmasi bahwa barang telah diterima.
Baca Juga :  5 Tanda Messenger Diabaikan Wajib Kamu Ketahui!

Nah dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan ‘Pesanan Diterima‘ di Shopee mengartikan bahwa pembeli telah menerima barang yang dipesan dan telah memeriksa bahwa barang yang diterima telah sesuai dengan pesanan yang di order nya.

Konfirmasi penerimaan barang di Shopee sangatlah penting, karena memastikan bahwa transaksi telah selesai sesuai dengan harapan kedua belah pihak.

Apa yang Terjadi Setelah Memencet ‘Pesanan Diterima’ di Shopee?

Sebagai pengguna Shopee, terutama untuk kamu yang sering berbelanja di platform ini, tentu perlu mengetahui apa yang akan terjadi setelah memencet tombol ‘Pesanan diterima’.

Nah, menekan tombol ‘Pesanan Diterima’ di Shopee akan mengakibatkan:

  • Penutupan transaksi: Status ‘Pesanan Diterima’ ini akan menutup transaksi antara pembeli dan penjual di platform Shopee. Hal ini membuat anda tidak akan bisa lagi mengajukan komplain apapun terhadap barang yang anda terima jika tombol ”Pesanan Diterima’ telah dipencet.
  • Kepuasan Pelanggan: ‘Pesanan Diterima’ di Shopee mencerminkan bahwa pembeli puas dengan barang yang diterima, karena mereka secara aktif mengkonfirmasi penerimaan barang.
  • Pembayaran ke Penjual: Setelah status ‘Pesanan Diterima’ dikonfirmasi oleh pembeli, pihak Shopee akan melepaskan dana pembayaran ke penjual. Ini menandakan bahwa transaksi telah selesai/ sukses.

Jadi, setelah pembeli menekan tombol ‘Pesanan Diterima’ maka dana pembayaran akan diberikan oleh Shopee ke pihak penjual dan pembeli tidak bisa lagi mengajukan komplain akan produk yang diterimanya.

Bagaimana jika Secara Tidak Sengaja Tombol ‘Pesanan Diterima’ Kepencet? Apakah Bisa Dibatalkan Lagi?

Saat sedang melacak status pengiriman pesanan atau saat berselancar di aplikasi Shopee, terkadang secara tidak sengaja kita memencet tombol ‘Pesanan Diterima’.

Jika situasi dimana tombol ‘Pesanan Diterima’ ini secara tidak sengaja kepencet, apakah yang akan terjadi? Apakah bisa dibatalkan lagi? Dua pertanyaan inilah yang mungkin akan terlintas di pikiran kamu.

Baca Juga :  13 Daftar Distributor Roti Aoka Terdekat dan Terlengkap

Secara umum sebenarnya tombol ‘Pesanan Diterima‘ yang telah dipencet oleh pembeli tidak akan bisa dibatalkan kembali. Karena seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa, ketika pembeli mengkonfirmasi ‘Pesanan Diterima’, maka pihak Shopee akan menganggap bahwa barang telah sampai dan diterima oleh pembeli, sehingga dana pembayaran akan langsung diserahkan ke pihak penjual.

Jadi, apabila kamu bertanya terkait tombol ‘Pesanan Diterima’ jika secara tidak sengaja kepencet, masih bisakah dibatalkan kembali? Jawabannya adalah Tidak bisa ya gaes!

Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee

Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee
Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee

Tak perlu langsung merasa cemas dan khawatir setelah mengetahui jawaban dari “Bagaimana jika Secara Tidak Sengaja Tombol ‘Pesanan Diterima’ Kepencet? Apakah Bisa Dibatalkan Lagi?”

Saya sendiri sebagai penulis artikel ini juga pernah mengalami hal demikian. Nah, ada 2 solusi kepencet Pesanan Diterima di Shopee yang dapat kamu lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hubungi pihak Penjual. Langkah pertama, hubungilah terlebih dahulu pihak penjual. Beritahu pada mereka, bahwa anda tidak sengaja mengkonfirmasi ‘Pesanan Diterima’.
  2. Laporkan ke Customer Service Shopee. Jika tidak ada respon baik dari penjual, maka langkah terakhir anda bisa menghubungi bagian Customer Service Shopee untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami jelaskan secara lebih lengkap!

  • Hubungi Pihak Penjual

Jangan langsung panik ketika tidak sengaja mengkonfirmasi ‘Pesanan Diterima’ padahal barang belum sampai ke tangan anda. Cobalah hubungi pihak penjual. Sampaikan situasi kepada penjual melalui fitur ‘Chat’ di aplikasi Shopee.

Jelaskan bahwa anda secara tidak sengaja menekan tombol ‘Pesanan Diterima’ dan mintalah pada penjual agar tetap memproses atau mengirim pesanan anda (Apabila status pesanan yang seharusnya adalah masih sedang dikemas).

  • Laporkan ke Customer Service Shopee

Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee
Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee

Terkadang ada saja seller atau penjual di Shopee yang tidak peduli dengan kendala yang di hadapi oleh si pembeli. Bahkan ada juga dari mereka yang memanfaatkan situasi ini untuk mengambil keuntungan bagi mereka sendiri, sehingga tidak merespon chat yang berisi aduan kendala dari pembeli.

Baca Juga :  23 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Untuk Pemula

Oleh karena itu, jika anda menghadapi situasi seperti ini, maka anda bisa beralih ke solusi kepencet Pesanan Diterima di Shopee yang berikutnya, yakni dengan menghubungi pihak Customer Service Shopee.

Solusi kepencet Pesanan Diterima di Shopee dengan menghubungi CS Shopee bisa dilakukan melalui langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Silahkan masuk ke aplikasi Shopee anda.
  2. Tab pada menu ‘Saya‘.
  3. Kemudian gulir kebawah, pilih menu ‘Chat dengan Shopee.
  4. Pada kolom memasukkan pesan yang ditampilkan, silahkan sampaikan keluhan anda terkait “Ketidaksengajaan mengkonfirmasi ‘Pesanan Diterima’ sementara barang belum sampai ke tangan anda“.
  5. Nantinya akan muncul balasan otomatis dari sistem Shopee yang melampirkan beberapa opsi yang dapat membantu anda, dan dibagian bawahnya terdapat opsi ‘Chat dengan Customer Service’.
  6. Klik lah menu ‘chat dengan Customer service‘ tersebut. Maka secara otomatis anda akan dihubungkan dengan salah satu Customer Service Shopee.
    Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee
    Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee
  7. Customer Service akan membantu anda dan memberikan solusi penanganan yang tepat.
  8. Ikuti saja setiap instruksi yang diberikan hingga status ‘Pesanan Diterima‘ yang tidak sengaja kepencet berhasil dikembalikan ke status pengiriman sesuai dengan yang seharusnya.
  9. Jika status ‘Pesanan Diterima’ telah berhasil diubah kembali ke status ‘Pesanan sedang dalam pengiriman’ maka itu artinya kendala anda telah terselesaikan.
  10. Setelah kendala selesai ditangani, CS biasanya akan menanyakan apakah masih ada yang ingin anda tanyakan sebelum akhirnya mengakhiri sesi chat. Jika tidak ada, silahkan balas ‘Tidak dan jangan lupa untuk mengucapkan Terimakasih’.
  11. Selesai! Sekarang permasalahan yang anda hadapi terkait tidak sengaja mengklik tombol ‘Pesanan Diterima’ sudah berhasil ditangani! Anda tinggal menunggu paket dikirimkan ke alamat anda.

Selain cara diatas, anda juga bisa menghubungi Customer Service Shopee lewat alternatif lain, yaitu melalui:

Email help@support.shopee.co.id
Call center (021) 1500702 atau 39500300
Instagram resmi https://www.instagram.com/shopee_id/
Facebook https://www.facebook.com/ShopeeID
Twitter https://twitter.com/ShopeeCare

Akhir Kata

Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee
Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee

Dengan mengetahui solusi kepencet pesanan diterima di Shopee, sekarang anda dapat menangani situasi dimana tombol ‘Pesanan Diterima’ tertekan secara tidak sengaja.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, masalah dapat terselesaikan dengan baik. Namun lebih berhati-hatilah ke depan nya agar masalah yang sama tidak terulang kembali!

Back to top button