2 Cara Mengecek Asuransi Mobil dengan Cepat dan Mudah

Melisa Utami

Mengetahui cara mengecek asuransi mobil merupakan hal yang penting untuk diketahui para pemilik mobil, khususnya bagi Anda yang membeli mobil bekas. Hal ini tidak lain karena polis asuransi pada mobil memiliki peran dalam menjamin risiko kerugian jika terjadi sesuai pada mobil yang kita miliki.

Cara Mengecek Asuransi Mobil pada Pihak Penyedia

Cara Mengecek Asuransi Mobil pada Pihak Penyedia
Cara Mengecek Asuransi Mobil pada Pihak Penyedia

Mengetahui cara mengecek asuransi mobil merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan beroda empat ini. Sebagai catatan, kita hanya akan membahas mengenai cara mengecek asuransi yang umum digunakan, yaitu all risk dan TLO.

Adapun cara mengecek asuransi mobil sesuai dengan jenis asuransinya adalah sebagai berikut.

1. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis TLO

1. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis TLO
1. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis TLO

Cara mengecek asuransi mobil TLO bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, sesuai dengan kondisi Anda. Anda bisa memilih cara yang nyaman dan efektif maupun cara lain dalam mengecek asuransi yang Anda miliki.

Langkah-Langkah Cek Asuransi Mobil TLO

Adapun beberapa cara mengecek asuransi mobil TLO yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Mendatangi kantor abang terdekat atau bertemu langsung dengan agen asuransi.
  • Melalui aplikasi, jika perusahaan atau penyedia asuransi memilikinya.
  • Melalui website resmi penyedia asuransi.
  • Menghubungi call center atau customer service.
  • Anda bisa menghubunginya melalui telepon, email, atau live chat, tergantung dukungan yang penyedia asuransi berikan atau miliki.

2. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis All Risk

2. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis All Risk
2. Cara Mengecek Asuransi Mobil Berjenis All Risk

Untuk mengecek asuransi mobil all risk, sebenarnya tidak jauh berbeda atau bisa dikatakan sama dengan cara mengecek asuransi mobil TLO. Anda bisa melakukan pengecekan polis asuransi dengan bertatap muka atau bertemu langsung dengan agen atau petugas asuransi di kantor cabang terdekat.

Di mana cara mengecek asuransi mobil yang satu ini dinilai sebagai cara yang paling nyaman dan aman untuk dilakukan.

Tips Cek Jenis Asuransi Mobil All Risk

Setiap perusahaan penyedia jasa, termasuk penyedia asuransi, pasti terus berusaha dan ingin menjangkau para konsumen atau nasabahnya dengan berbagai cara sehingga mereka juga menyediakan berbagai kemudahan dan fasilitas agar bisa menjangkau pelanggan.

  • Salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah dengan menyediakan aplikasi atau situs web resmi, mengingat kita hidup di zaman yang serba digital.
  • Dengan begitu, cara mengecek asuransi mobil lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi atau melalui situs web resmi yang penyedia asuransi miliki.
  • Cara mengecek asuransi mobil selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui telepon, live chat, atau mengirimkan email pada perusahaan penyedia asuransi.
  • Anda bisa menghubungi call center atau customer service dan berbicara secara langsung melalui telepon.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis-Jenis Asuransi Mobil
Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Walau telah mengetahui bagaimana cara mengecek asuransi mobil, akan lebih baik jika kita mengenal apa itu polis asuransi kendaraan itu sendiri. Terlebih lagi banyak dari kita yang bahkan masih belum mengetahui mengenai asuransi kendaraan.

  • Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan bisa diartikan sebagai jenis polis asuransi yang dikhususkan untuk kendaraan, di mana risiko yang mungkin saja terjadi pada kendaraan nantinya akan diambil alih oleh perusahaan asuransi.
  • Dengan mendaftarkan kendaraan yang Anda miliki ke asuransi, maka kendaraan yang Anda miliki akan mendapat perlindungan dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Hal ini merupakan salah satu cara bagi pemilik kendaraan, yang dalam hal ini mobil, dalam menjaga nilai dari kendaraan yang dimiliki tersebut.

Misalnya saja, Anda juga bisa mendapatkan bantuan dalam merencanakan keuangan apabila memilih dan mendapatkan asuransi yang tepat. Dengan memiliki polis asuransi, Anda pasti juga akan merasa lebih aman saat mengendarai yang Anda miliki.

Kenapa Harus Menggunakan Asuransi Mobil ?

Apabila Anda memiliki asuransi kendaraan, Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang saat melakukan biaya perbaikan atau kerusakan yang terjadi, di mana biaya sekecil apapun bisa mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Saat hal buruk terjadi pada kendaraan Anda, mau tidak mau Anda akan mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan.

  • Oleh karena pentingnya asuransi kendaraan ini, Anda pastinya juga harus bisa memilih jenis polis asuransi yang tepat untuk mobil Anda.
  • Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, Anda bisa memilih asuransi dengan menyesuaikan kebutuhan atau jenis perlindungan yang Anda inginkan.
  • Tidak hanya mendapatkan perlindungan dan menjaga nilai kendaraan, mendaftarkan kendaraan ke asuransi juga bisa memberikan berbagai manfaat lainnya.
  • Polis asuransi yang umum digunakan adalah asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Namun selain dua jenis asuransi tersebut, masih ada beberapa jenis asuransi lainnya yang bisa Anda dapatkan sebagai proteksi tambahan. Adapun beberapa jenis asuransi mobil yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Asuransi Mobil All Risk

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil all risk merupakan asuransi yang akan menjamin klaim atau mengover segala jenis kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan atau minor, seperti baret halus atau penyok, hingga kerusakan besar seperti kecelakaan atau tabrakan yang mengakibatkan kerusakan atau perubahan bentuk pada bodi mobil. Jenis asuransi yang ini juga akan mengatasi masalah pencurian atau kehilangan mobil.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Mobil All Risk

Oleh karena berbagai perlindungan yang diberikan, tidak heran jika nantinya Anda harus mengeluarkan uang yang terbilang tidak sedikit jika memilih jenis asuransi yang satu ini.

  1. Pertama, pastinya manfaat yang Anda dapatkan juga sebanding dengan harga tersebut.
  2. Tarif premi asuransi dari setiap perusahaan memiliki jumlah yang berbeda-beda.
  3. Dengan begitu, Anda harus mampu membandingkan produk serupa dari beberapa penyedia asuransi.
  4. Hal ini tidak alin bertujuan agar Anda bisa memilih harga yang relatif terjangkau namun masih tetap masuk akal.

2. Asuransi Mobil TLO

TLO merupakan singkatan dari Total Lost Only, di mana produk asuransi yang satu ini hanya menjamin atau memberikan klaim pada risiko yang disebabkan oleh pencurian dan kerusakan. Polis asuransi ini akan diberikan apabila biaya perbaikan mobil mencapai nilai minimal 75% dari harga kendaraan sebelum terjadinya kerusakan atau pencurian.

Alasan Asuransi Mobil TLO Banyak Digunakan

  1. Pertama, karena penawaran yang diberikan, premi asuransi TLO ini dinilai lebih terjangkau sehingga banyak orang yang tidak ragu dalam memilih jenis asuransi mobil yang satu ini.
  2. Walau begitu, pastikan lagi bahwa asuransi mobil TLO sesuai dengan kebutuhan atau tujuan Anda dan tidak memilihnya hanya karena harganya lebih terjangkau saja.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Sesuai dengan namanya, asuransi yang satu ini merupakan asuransi yang menggabungkan dua asuransi pada umumnya, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Dengan memilih tipe asuransi mobil gabungan, Anda sebagai pemegang polis akan mendapat manfaat dari kedua asuransi tersebut.

Kekurangan Asuransi Mobil Gabungan

Kekurangan asuransi yang satu ini adalah tidak semua perusahaan penyedia asuransi mobil menyediakan jenis asuransi yang satu ini.

  1. Pertama, calon pembeli atau pemilik asuransi juga harus mengeluarkan biaya ekstra karena kombinasi perlindungan yang ditawarkan oleh jenis asuransi gabungan.
  2. Namun harga tersebut pastinya sepadan dengan manfaat yang bisa Anda terima jika memilih jenis asuransi yang satu ini.
  3. Mekanisme daripada asuransi mobil gabungan adalah pemilih premi asuransi akan mendapatkan manfaat dari asuransi all risk pada tahun pertama.
  4. Untuk tahun-tahun berikutnya, pemilik asuransi akan mendapatkan manfaat atau proteksi dari asuransi TLO.

4. Asuransi Mobil Perluasan atau Rider

Asuransi perluasan atau rider merupakan jenis asuransi tambahan, di mana pemilik polis asuransi bisa mendapatkan manfaat atau proteksi tambahan di luar proteksi utama yang dipilih. Jika Anda hendak menambahkan jenis asuransi yang satu ini, pastikan Anda teliti dan berhati-hati sebelum memilihnya.

Catatan Penting Asuransi Mobil Perluasan atau Rider

  1. Pertama, Yang tidak kalah penting adalah pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya.
  2. Fitur atau proteksi tambahan ini pastinya tidak akan diberikan secara cuma-cuma atau dengan kata lain ada biaya yang perlu dibayarkan.
  3. Jika harga sesuai dengan budget dan fitur sesuai dengan kebutuhan, tidak ada salahnya apabila Anda hendak menambahkan asuransi tambahan ini.

5. Asuransi Mobil yang Mencakup Tabrakan (Collision Coverage)

Asuransi collision coverage merupakan jenis asuransi yang memberikan proteksi dari kerusakan atau kecelakaan mobil yang disebabkan oleh pengemudi saat mengalami tabrakan. Jenis asuransi yang satu ini tidak hanya akan membayarkan kerusakan yang terjadi pada mobil, namun juga akan memberi ganti rugi sesuai dengan harga mobil.

Kelebihan Asuransi Mobil yang Mencakup Tabrakan (Collision Coverage)

  1. Apabila Anda mengalami kecelakaan akibat diri Anda sendiri, Anda bisa melakukan klaim pada asuransi berjenis collision coverage ini.
  2. Dengan begitu, perusahaan asuransi akan bertanggung jawab sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah disetujui bersama pada polis yang diajukan.

6. Asuransi Mobil Kewajiban (Liability Insurance)

Asuransi mobil liability insurance kurang lebih sama dengan asuransi collision coverage. Hanya saja pada jenis asuransi yang satu ini, Anda bisa mengajukan klaim apabila terdapat jaminan atau biaya tambahan, termasuk biaya tagihan medis. Hal ini biasanya terjadi jika pengemudi lain mengalami cedera dan membutuhkan biaya medis.

7. Asuransi Mobil Perlindungan Pribadi (Personal Injury Protection)

Asuransi mobil yang satu bisa Anda dapatkan jika Anda ingin mendapatkan perlindungan khusus bagi pengemudi yang mengalami kecelakaan terhadap dirinya sendiri saat mengendarai mobil. Beberapa perusahaan asuransi memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi atas insiden atau kecelakaan yang terjadi pada pengemudi dan penumpang mobil.

Jenis asuransi ini bisa menjadi jaga-jaga. Namun pastinya Anda harus jeli, teliti, dan berhati-hati dalam mencari dan memilih perusahaan asuransi untuk jenis asuransi yang satu ini.

Tips Memilih Jenis Polis Asuransi Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Tips Memilih Jenis Polis Asuransi Yang Tepat Untuk Mobil Anda
Tips Memilih Jenis Polis Asuransi Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Dalam memilih polis asuransi untuk mobil Anda, pastinya ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih asuransi.

Adapun beberapa hal penting ang perlu diperhatikan dalam memilih polis asuransi adalah sebagai berikut.

  • Memilih polis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu polis asuransi yang memberikan proteksi utama maupun proteksi tambahan lainnya.
  • Memahami dengan betul syarat polis asuransi yang ditawarkan. Pastikan Anda jeli, teliti, dan berhati-hati mengenai syarat dan ketentuan dari setiap jenis polis asuransi yang ditawarkan.
  • Membandingkan harga premi dengan layanan serta proteksi yang ditawarkan.
  • Membandingkan polis asuransi dari berbagai perusahaan penyedia asuransi.
  • Memastikan bahwa jaringan rekanan bengkel luas agar Anda bisa menikmati manfaat asuransi tanpa keterbatasan area.
Tips Lainnya Penjelasan
Evaluasi Kebutuhan Anda Pertimbangkan kebutuhan Anda, seperti tingkat perlindungan yang diinginkan, nilai mobil, dan seberapa sering Anda mengemudikannya.
Kenali Jenis Polis Pahami jenis-jenis polis asuransi mobil, termasuk tanggung jawab pihak ketiga, asuransi komprehensif, asuransi kecelakaan, dan asuransi berdasarkan nilai nyata.
Bandingkan Penawaran Bandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan premi yang kompetitif dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Perhatikan Deduksi Periksa besarnya deduksi atau klaim sendiri yang harus Anda bayar saat mengajukan klaim. Sesuaikan dengan anggaran dan kesiapan finansial Anda.
Tinjau Garansi Tambahan Periksa apakah ada garansi tambahan yang dapat Anda tambahkan, seperti perlindungan terhadap bencana alam, kendaraan ganti sementara, atau layanan darurat.

Kesimpulan

Cara Mengecek Asuransi Mobil
Cara Mengecek Asuransi Mobil

Setelah mengetahui jenis, manfaat, dan cara mengecek asuransi mobil, kini kita tahu seberapa penting memiliki asuransi untuk kendaraan. Hal ini tidak lain bertujuan untuk berjaga-jaga atas risiko yang bisa saja terjadi sekalipun tidak ada dari kita yang ingin hal buruk terjadi atau menimpa.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar