2 Cara Mendapatkan Kode PUK Axis 2024

Widya Samosir

Kode puk axis merupakan kode unik yang biasanya terdiri dari 8 angka dan terhubung dengan kartu SIM axis kamu.

Sementara fungsi dari kode puk ialah sebagai pembuka ponsel yang terkunci akibat salah memasukkan password keamanan sebanyak 3 kali.

Untuk menemukan kode PUK pada ponsel tidaklah sulit karena hanya membutuhkan 3 tahapan berikut ini.

Tahapan Cara Mendapatkan Kode PUK Axis 2024 Dengan Mudah

cara mendapatkan kode PUK axis 2023
cara mendapatkan kode PUK axis

Ada beberapa kasus yang memerlukan kode PUK, salah satunya ialah hp terkunci karena lupa pin dan pemindahan informasi nomor ketika hendak berpindah ke penyedia layanan lain.

Nah, pada kasus tersebutlah kode PUK akan bekerja sebagai pelindung yang nantinya akan melindungi dan mengamankan kartu SIM anda beserta semua informasi data kontak yang ada di dalam kartu anda.

Namun, kode PUK tidak tertera langsung pada hp kita melainkan kita perlu melakukan beberapa tahapan sebelum menemukannya. Tahapan cara mendapatkan kode PUK axis antara lain:

  • Cek Kemasan Kartu SIM

Ketika kamu selesai membeli kartu SIM axis sebaiknya jangan dibuang dulu karena bisa saja ada terdapat kode PUK disana.

Kode tersebut bisa kamu catat sebagai antisipasi apabila kartu kamu terblokir karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali.

Akan tetapi jika kamu sudah terlanjur membuangnya maka cara mendapatkan kode PUK axis dapat kamu lakukan dengan mengunjungi toko tempat kamu membeli kartu axis tersebut sebelumnya dan menanyakan apakah mereka menyimpan kartu PUK untuk nomor kamu.

  • Cek Kode Via Panggilan Telepon

Cara mendapatkan kode PUK axis berikutnya yang dapat kamu lakukan apabila cara sebelum nya gagal ialah melakukan panggilan ke nomor axis centre.

Kode panggilan axis centre yang dapat kamu hubungi yaitu 838 tetapi sebelum menghubungi axis centre ada hal yang perlu kamu persiapkan dan hal tersebut dinamakan identitas kartu kamu.

Identitas kartu yang perlu kamu catat yakni nomor SIM kartu axis kamu dan nomor ICCD yang ada tepat di belakang kartu SIM kamu.

Setelah mengetahui kedua nomor tersebut, silahkan hubungi operator axis melalui nomor panggilan diatas dan sampaikan masalah kamu.

Apabila kamu telah selesai menyampaikan masalah kamu dan data kamu dinyatakan valid oleh pihak operator axis maka kamu akan menerima 8 digit angka kode PUK kartu axis yang kamu gunakan.

  • Gunakan Aplikasi Axisnet

Aplikasi axisnet hadir untuk memberikan layanan yang dibutuhkan oleh setiap pengguna kartu axis dan salah satu fitur yang tersedia yakni fitur cek kode PUK SIM axis.

Berikut cara mendapatkan kode PUK axis melalui aplikasi axisnet dengan mudah :

  1. Buka aplikasi axisnet di ponsel kamu
  2. Pilih tab my axis pada halaman awal
  3. Klik opsi axis care di sudut kanan atas tampilan my axis
  4. Pilih bantuan pada list opsi yang ditampilkan
  5. Isi form yang tersedia dengan identitas diri kamu
  6. Kemudian pilih informasi kartu/nomor
  7. Klik pesan otomatis info PUK apabila kamu telah terhubung dengan operator axisnet
  8. Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima kode PUK kartu axis kamu
  • Pakai Kode Dial Axis

Cara mendapatkan kode PUK axis paling mudah ialah melalui penggunaan kode dial axis. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk menyelesaikan tahapan cara mendapatkan kode PUK axis ini :

  1. Pergi ke menu panggilan di ponsel kamu
  2. Ketik kode *123# dan panggil menggunakan kartu SIM axis
  3. Pada opsi notifikasi yang muncul pilih myinfo
  4. Selanjutnya klik opsi info kartu axis
  5. Lalu pilih detail nomor kartu axis anda
  6. Klik cek profil dan pilih opsi PUK
  7. Terakhir simpan kode PUK kamu

Selain kode axis *123# axis juga memiliki kode dia yang lain yakni *808# dimana kedua jenis kode ini bisa kamu gunakan dengan langkah-langkah yang sama sebagai cara mendapatkan kode PUK axis juga.

Cara Mendapatkan Kode PUK Axis Yang Terblokir

Cara mendapatkan kode PUK kartu axis yang terblokir
cara mendapatkan kode PUK kartu axis yang terblokir

Apabila kartu axis kamu telah terblokir maka cara mendapatkan kode PUK axis sebelumnya tidak dapat kamu lakukan karena jika kartu axis kamu sempat terblokir maka panggilan operator centre dan cek kode PUK melalui panggilan kode dial up pasti tidak akan dapat dilakukan menggunakan kartu SIM kamu.

Nah, cara terbaik untuk mengetahuinya ialah menyiapkan hp lain yang masih menggunakan kartu axis, lalu hubungi pihak call center axis di 888, beritahukan keluhan kamu.

Kemudian bacakan nomor ponsel kamu dan kode ICCID yang ada pada belakang kartu SIM axis kamu dan tunggu hingga customer service membacakan kode PUK kamu.

Apabila menghubungi call center melalui panggilan 888 tidak berhasil maka kamu dapat menghubungi kembali via twitter resmi axis dengan cara login ke akun twitter kamu, cari twitter axis yang ada centang birunya, lalu masukkan format nama anda dan keluhan anda.

Contoh : saya widya nola samosir dengan keluhan saya ingin minta kode PUK dengan nomor simcard ……… dan kode ICCID………terimakasih.

Cara Mendapatkan Kode PUK Semua Operator

cara mendapatkan kode PUK semua operator
cara mendapatkan kode PUK semua operator

Agar lebih memudahkan kamu untuk menemukan kode PUK pada SIM yang sedang kamu gunakan, kami juga menghadirkan cara tercepat untuk mendapatkan kode PUK semua operator.

Berikut cara mendapatkan kode PUK semua operator selain cara mendapatkan kode PUK axis :

1. Telkomsel

Bagi kamu yang menggunakan kartu telkomsel dan ingin mencari kode PUK resmi untuk kartu telkomsel maka kamu bisa ikuti tahapan cara mendapatkan kode PUK kartu terlkomsel berikut:

  • Kunjungi asisten virtual telkomsel melalui facebook, telegram dan situs web telkomsel
  • Kirim pesan pembuka “hi”
  • Dilanjutkan dengan ketik pesan “Berapa Pin T Care Saya?”
  • Mohon menunggu sampai operator telkomsel mengirimkan PIN T care kamu melalui SMS

Selain melalui asisten virtual telkomsel, kamu juga dapat menerima kode PUK dari panggilan ke nomor operator telkomsel di 188 dengan memberitahukan keluhan kamu. Semoga membantu

2. Indosat

Khusus pengguna indosat, kamu dapat memperoleh kode PUK SIM dengan cara menghubungi pihak operator indosat di nomor 100 lalu sampaikan pada customer service indosat nomor SIM kamu.

Dan sampaikan masalah kartu SIM anda terblokir sehingga anda memerlukan kode PUK untuk nomor SIM yang sedang anda gunakan.

3. XL

Cara mendapatkan kode PUK XL sama dengan cara mendapatkan kode PUK axis sebelumnya dimana kamu bisa melakukannya melalui panggilan dial UP di *123# > lalu klik menu my info > disusul dengan opsi menu PUK> dan pusat bantuan XL akan memberikan kode PUK kamu.

Cara kedua untuk mendapatkan kode PUK XL bisa kamu lakukan dengan mengakses website resmi XL di 123.xl.co.id > kemudian pilih menu info umum dan bantuan > lalu klik menu PUK dan selesaikan prosedur yang diwajibkan.

4. TRI

Cara mendapatkan kode PUK untuk layanan jaringan TRI bisa dilakukan dengan menyebutkan nomor tri yang sedang aktif dan sedang anda gunakan.

Disusul dengan nomor ICCID yang ada pada belakang kartu anda dan lakukan panggilan ke layanan tri di 123 dengan menyebutkan nomor-nomor tersebut.

Setelah itu anda akan menerima kode PUK tri melalui SMS atau pesan singkat yang masuk ya.

Tips Menggunakan Kode PUK Axis

Tips Penjelasan
Simpan Kode PUK dengan Aman Pertama-tama, pastikan Anda menyimpan kode PUK Axis dengan aman dan jangan membagikannya dengan orang lain. Kode ini adalah informasi sensitif yang diperlukan untuk mengakses kembali kartu SIM Anda jika terkunci.
Cari Panduan Resmi Cari panduan resmi dari Axis mengenai penggunaan kode PUK. Panduan ini biasanya dapat ditemukan di situs web resmi Axis atau dalam materi dokumen yang disertakan saat Anda mendapatkan kartu SIM.
Hubungi Dukungan Pelanggan Jika Anda tidak dapat menemukan kode PUK atau mengalami kesulitan dalam menggunakannya, segera hubungi layanan pelanggan Axis. Mereka akan memberikan bantuan dan informasi yang diperlukan.
Ikuti Instruksi dengan Teliti Saat Anda memiliki kode PUK, ikuti instruksi yang disediakan dengan teliti. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode PUK untuk membuka kunci kartu SIM yang terkunci.
Jangan Mencoba Berulang-ulang Hindari mencoba kode PUK secara berulang-ulang tanpa pengetahuan yang cukup. Setelah beberapa percobaan yang gagal, kartu SIM Anda dapat diblokir permanen.

Penutup

Cara Mendapatkan Kode PUK Axis
Cara Mendapatkan Kode PUK Axis

3 cara mendapatkan kode PUK axis diatas dapat anda lakukan kapan saja tanpa dikenakan biaya atau gratis jadi silahkan anda catat nomor PUK anda dari sekarang agar bisa digunakan apabila kartu SIM anda terblokir tiba-tiba. Sekian dan terima kasih.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post