Harga

Biaya Ganti Lensa Kacamata Minus dan Silinder di Optik 2023

Buat kalian yang barangkali belum mengetahui biaya ganti lensa kacamata di optik padahal mau ganti atau beli lensa kacamata baru, yuk mari lihat daftar biaya nya disini.

Selain daftar biaya ganti lensa kacamata, kami juga menghadirkan jenis-jenis lensa kacamata yang bisa menjadi bahan pertimbangan buat kalian ketika hendak membeli sebuah lensa kacamata.

Agar kalian nantinya mendapat alat bantu penglihatan yang bagus.

seorang yang menggunakan kacamata
sumber gambar : optiktunggal.com

Kacamata merupakan sebuah alat yang biasa digunakan oleh seseorang untuk menormalkan atau mempertajam penglihatan mereka.

Biasanya orang-orang yang menggunakan kacamata ialah mereka yang tidak dapat melihat dengan jelas untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Nah, dengan adanya bantuan kacamata dinilai dapat sedikit membantu memperjelas apa yang mereka lihat.

Selain menjadi alat bantu penglihatan, kacamata juga dapat digunakan sebagai alat pelengkap gaya/style dan sebagai alat bantu khusus untuk menikmati hiburan seperti kacamata khusus dimensi yang biasa kita temui pada beberapa bioskop unggulan di Indonesia.

Namun apakah kalian tau bahwa kacamata memiliki jenis yang tidak bisa dilihat dari harganya? Jika belum, mari lihat jenis atau tipenya di bawah ini setelah itu barulah anda pertimbangkan melalui biaya ganti lensa kacamata nya.

Jenis-Jenis Lensa Kacamata Dan Fungsinya

beberapa jenis lensa dan fungsinya
beberapa jenis lensa dan fungsinya

Sama halnya seperti alat kesehatan lainnya, kacamata juga memiliki beberapa bagian di dalamnya dan salah satu bagiannya yaitu lensa.

Lensa atau biasa disebut kanta merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mengarahkan cahaya pada suatu fokus.

Pada sebuah kacamata, biasanya lensa bersifat bening dan berbentuk seperti lengkungan tetapi masih memiliki beberapa jenis.

Jenis-jenis lensa kacamata berikut akan kami urutkan berdasarkan bahan dan kategori penyakit-penyakit mata karena tidak semua orang menggunakan kacamata dikarenakan memang sedang benar-benar mengalami penyakit mata ya.

1. Jenis-Jenis Lensa Kacamata Berdasarkan Bahannya

Berikut beberapa jenis lensa kacamata yang di golongkan berdasarkan bahan atau materialnya:

  • Kaca

Lensa kacamata yang terbuat dari kacamata merupakan lensa dengan material terbaik karena kaca memiliki sifat tidak mudah tergores, memiliki sifat pengantaran cahaya yang cukup baik dan terlihat sangat elegan.

Namun untuk kekurangannya, lensa dengan material kaca cenderung lebih berat jika anda gunakan sehingga hanya dapat digunakan untuk beberapa bingkai kacamata yang tertentu saja.

  • Trivex

Trivex merupakan bahan lensa yang hampir sama dengan polikarbonat dimana sama-sama mempunyai keunggulan untuk membelokkan cahaya dengan baik.

Sedangkan untuk kekurangannya, lensa dengan bahan triver belum dapat menghasilkan penglihatan pusat yang lebih tajam daripada lensa polikarbonat.

  • Polikarbonat

Sama seperti lensa trivex, lensa polikarbonat mamapu membelokkan cahaya dengan baik walaupun memiliki model yang lebih tipis serta ringan daripada lensa trivex.

Untuk kekurangannya, lensa dengan bahan polikarbonat hanya di khususkan bagi orang-orang yang sering melakukan kegiatan di luar rumah atau gemar ber olahraga saja karena mereka-mereka yang bekerja di luar cenderung beresiko mengalami kacamata pecah dibandingkan orang yang bekerja di dalam ruangan.

Sehingga sangat cocok untuk menggunakan kacamata dengan bahan polikarbonat ini.

  • High Index

Jika kamu mencari lensa kacamata dengan ukuran yang lebih tipis dan ringan dibandingkan polikarbonat dan trivex maka kami sarankan untuk menggunakan kacamata dengan bahan high index.

Karena high index sendiri memiliki ukuran yang lebih tipis dengan berat yang sedikit lebih ringan dibandingkan jenis-jenis bahan kacamata sebelumnya.

Selain itu, lensa high index juga di khususkan bagi kamu yang memiliki penyakit mata rabun dekat, rabun jauh dan astigmatisme karena kacamata dengan bahan high index telah dirancang khusus untuk mereka yang mempunyai kelainan refraksi tinggi seperti beberapa penyakit mata tersebut.

  • Photochromic

Jenis bahan kacamata berikut ini bernama photochromic. Kacamata yang menggunakan bahan photochromic biasanya terbuat dari bahan plastik ataupun kaca.

Kelebihan dari lensa dengan bahan photochromic adalah dapat berubah warna dari bening menjadi gelap pada saat terkena sinar matahari.

Hal tersebut merupakan cara lensa tersebut bekerja untuk melindungi mata kamu sehingga kamu tidak perlu repot untuk bergonta-ganti kacamata saat berada di luar maupun dalam ruangan.

2. Jenis Lensa Kacamata Berdasarkan Penyakit Mata

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit mata, sebaiknya minta dokter mata untuk meresepkan jenis lensa berdasarkan penyakit-penyakit mata di bawah ini.

  • Bifokal

Lensa bifokal merupakan lensa kacamata yang di khususkan untuk mengoreksi gangguan penglihatan akibat usia seseorang.

Karena lensa bifokal berfungsi untuk memperjelas penglihatan jarak jauh maupun jarak dekat. Fungsi keduanya itu bisa kamu lihat pada titik fokus lensa ini yang umumnya berada dibagian atas dan bawah.

  • Trifokal

Salah satu jenis lensa yang memiliki 3 titik fokus berbeda ialah trifokal karena trifokal merupakan jenis lensa yang memiliki fungsi untuk memperjelas tampilan dalam jarak dekat, jauh dan jarak menengah.

Itulah beberapa jenis lensa kacamata yang umum digunakan untuk semua orang yang memiliki penyakit mata. Disamping jenisnya, lensa kacamata juga memiliki harga jual dimana harga tersebut merupakan biaya untuk pembuatan jenis lensa sesuai kebutuhan kalian.

Nah, untuk mengetahui tarif biaya ganti lensa kacamata bisa kamu lihat pada penjelasan setelah ini.

Biaya Ganti Lensa Kacamata Di Optik

biaya ganti lensa kacamata di optik Indonesia
salah satu optik di plaza senayan Indonesia

Ada beberapa alasan seseorang memutuskan untuk mengganti lensa kacamata mereka yang lama dan beberapa diantaranya ialah bosan dengan lensa kacamata model lama, mencari lensa kacamata yang lebih ringan atau simpel dan semakin tingginya kebutuhan untuk penyakit mata mereka.

Sehingga tak dapat di pungkkiri bahwa mereka rela merogoh kocek yang cukup hanya untuk mencari serta mendapatkan kacamata yang benar-benar bagus dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Mungkin bagi sebagian orang mengeluarkan uang yang banyak sebagai biaya ganti lensa kacamata memang terlihat seperti membuang-buang uang mereka.

Akan tetapi apakah kalian tau bahwa lensa kacamata murah dan mahal memiliki beberapa perbedaan yang tidak boleh disepelekan karena akan berakibat fatal nantinya apabila kalian melewatkannya begitu saja.

Nah, untuk mengetahui biaya ganti lensa kacamata yang relatif standar atau tidak terlalu mahal dan bagus sebenarnya berada di angka berapa? bisa kalian lihat dari list tabel biaya ganti lensa kacamata di bawah ini.

Tipe Lensa Kacamata Biaya Ganti Lensa Kacamata
Ganti lensa kacamata minus Rp.400.000 – Rp.500.000
Ganti lensa kacamata anti blue ray anti UV Rp.150.000 – Rp.250.000
Ganti lensa kacamata progressive photogrey Rp.200.000 – Rp.300.000
Ganti lensa kacamata double focus Rp.150.000 – Rp.200.000
Ganti lensa kacamata photochromic anti blue ray Rp.200.000 – Rp.350.000
Ganti lensa kacamata anti radiasi Rp.50.000 – Rp.150.000
Ganti lensa kacamata minus anti radiasi Rp.350.000 – Rp.450.000
Ganti lensa kacamata transisi photogrey Rp.150.000 – Rp.250.000
Ganti lensa kacamata rabun jauh dekat double fokus Rp.150.000 – Rp.200.000
Ganti lensa kacamata progressive anti blue ray Rp.200.000 – Rp.300.000
Ganti lensa kacamata minus/plus Rp.200.000 – Rp.300.000
Ganti lensa kacamata progressive photogrey anti radiasi Rp.300.000 – Rp.450.000
Ganti lensa kacamata minibully anti radiasi Rp.250.000 – Rp.350.000
Ganti lensa kacamata bulat minus/plus/silinder Rp.300.000 – Rp.500.000

Semua biaya ganti lensa kacamata diatas belum termasuk biaya pasang apabila ada penggantian lensa kacamata kamu ya sobat.

Dan biaya ganti lensa kacamata juga tentunya akan berbeda untuk setiap wilayahnya karena itu tergantung pada kebijakan masing-masing optik namun daftar biaya yang kami lampirkan sudah menjadi biaya kisaran ya.

Perbedaan Lensa Kacamata Murah Dan Mahal

perbedaan dari lensa kacamata murahd dan mahal
perbedaan dari lensa kacamata murahd dan mahal

Sebelumnya kita telah membahas bahwa lensa kacamata yang murah dan mahal memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dimana perbedaan-perbedaan ini tentu tidak boleh kamu sepelekan.

Nah lalu apa saja perbedaan-perbedaan yang terlihat disamping biaya ganti lensa kacamata diatas? berikut urutannya:

  • Lensa kacamata mahal memiliki sifat tidak mudah meninggalkan bekas dimana itu bisa terlihat saat kamu mencoba untuk memegangnya dan tidak ada bercak tangan sama sekali pada lensanya.
  • Lensa kacamata yang mahal tidak mudah beruap atau berembun ya
  • Lensa kacamata mahal dapat memberikan ketajaman penglihatan yang sangat baik dibandingkan orang-orang yang memiliki mata normal
  • Lensa kacamata mahal dapat di bersihkan dengan mudah sedangkan lensa kacamata yang murah harus dibersihkan berulang-ulang
  • Pantulan dari lensa kacamata yang mahal cenderung tidak terlalu gelap ataupun terang sehingga apabila kalian pakai maka tidak akan terlalu silau
  • Lensa kacamata yang mahal umumnya sudah memiliki anti radiasi dan anti UV di dalamnya.

Tips Terbaik Untuk Membersihkan Lensa Kacamata

tips untuk membersihkan kacamata
tips untuk menjaga kebersihan kacamata

Setelah membahas biaya ganti lensa kacamata di semua optik, sekarang kita akan fokus untuk melihat apa saja tips yang bisa kamu pakai ketika hendak membersihkan lensa kacamata di rumah.

Berikut tips-tipsnya:

  • Pastikan tangan kalian dalam keadaan bersih sebelum membersihkan kacamata agar tidak ada debu yang menempel pada lensa nantinya
  • Lakukan pembilasan lensa kacamata pada rendaman air hangat dengan lembut dan pelan
  • Cuci lensa dan bingkai kacamata¬† dengan mengaplikasikan sabun cuci piring secara perlahan
  • Bilas keduanya dengan perlahan dan tanpa tenaga
  • Keringkan kacamata menggunakan handuk dengan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada kacamata

Penutup

Biaya Ganti Lensa Kacamata
Biaya Ganti Lensa Kacamata

Secara umum biaya ganti lensa kacamata sangat bergantung pada kondisi mata kalian ya sobat. Jadi sebelum memutuskan penggunaan kacamata ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu dan memutuskan apakah kalian benar-benar membutuhkan benda yang satu ini.

Jika ya maka silahkan kalian melakukan pengecekan ukuran minus kacamata terlebih dahulu sebelum memilih mana jenis lensa yang kalian butuhkan serta jangan lupa untuk memilih optik yang memang benar-benar bagus sesuai pandangan beberapa orang yang pernah mampir kesana ya sobat.

Sekian biaya ganti lensa kacamata di optik, semoga bermanfaat.

Back to top button