Kisaran Harga Ganti Layar TV LED Pecah Lengkap Semua Ukuran

Widya Samosir

Salah satu alasan seseorang tidak memilih untuk menggunakan layar TV LED ialah karena harga ganti layar TV LED pecah lebih mahal dibandingkan harga beli TV baru lagi.

Mengapa kamu harus mengelurkan biaya yang cukup besar? Alasannya karena TV dengan layar LED memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan TV dengan layar LCD.

Lalu dimana letak perbedaannya? Yuk intip perbedaannya serta harga ganti layar TV LED pecah untuk semua ukuran disini.

Apa Yang Dimaksud Dengan LED TV?

tampilan tv led
tampilan tv led

Sebenarnya ada 3 jenis layar pada TV, Pertama LCD, LED dan OLED. Dari ketiga jenis tv tersebut penggunaan TV LED dan LCD lebih banyak dibandingkan dengan tv jenis OLED.

LED sendiri merupakan singkatan dari light emitting diode dan sudah digunakan pada layar smart tv dan diberi nama TV LED.

TV LED merupakan salah tv dengan jenis layar yang sama seperti tv LCD dimana keduanya sudah memanfaatkan bantuan diode untuk menghasilkan cahaya yang lebih bagus lagi.

Akan tetapi jika dilihat dari disisi lain tv LED memiliki bentuk layar yang lebih datar dengan ukuran sedikit lebih tipis, dapat menghemat daya listrik serta desainnya cukup elegan dibandingkan dengan jenis tv LCD.

Keunggulan tersebut setara dengan harga jual tv LED yang cukup fantastis dibandingkan dengan tv LCD apalagi jika kalian mengalami kendala tv LED rusak akibat layarnya pecah pasti lebih memusingkan lagi.

Nah, untuk tau seberapa mahalnya harga ganti layar tv LED pecah mari lihat urutan harganya di bawah ini.

Harga Ganti Layar TV LED Pecah

harga ganti layar tv led pecah
harga ganti layar tv led pecah

Hampir semua pengguna tv LED tentu pernah mengalami kejadian layar tv pecah dan tentunya tak sedikit dari mereka pasti tau berapa sebenarnya nominal harga yang dibutuhkan untuk mengembalikan layar LED tv ke kondisi semula.

Jika diuraikan berdasarkan ukuran tv tersebut tentu harga layar tv LED untuk masing-masing ukuran berbeda-beda ya termasuk harga jasa perbaikannya.

Nah, untuk rincian harga ganti layar tv LED pecah semua ukuran bisa kamu perhatikan pada tabel dibawah ini.

Ukuran TV LED  Harga (Rp)
19-21 inch Rp.500.000 – 700.000
24-32 inch Rp.800.000 – 1,5 jt
40-43 inch Rp.2 jt – 3,5 jt
50-60 inch Rp.4 jt – 6 jt
70-80 inch Rp.8 jt – 10 jt
85 inch > Rp.10 jt >

Itulah sekilas harga ganti layar tv LED pecah yang berlaku untuk semua merk tv LED tetapi harga tersebut belum termasuk biaya jasa perbaikannya ya karena setiap jasa service elektronik pastinya memiliki tarif harga perbaikan yang berbeda-beda tergantung seberapa parah kondisi tv LED kamu.

Harga ganti layar tv LED pecah diatas juga belum menjamin apakah kondisi led tv kamu bisa kembali seperti semula karena kebanyakan pengguna tv led berpendapat bahwa kondisi layar tv yang pecah sangat sulit untuk diperbaiki, memakan waktu yang lama serta kualitas layar dapat berubah sewaktu-waktu.

Sehingga tak sedikit dari mereka yang lebih memilih membeli tv LED yang baru dibandingkan mengganti layarnya yang pecah. Jadi sebaiknya kamu pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk memperbaiki layar tv LED kamu yang rusak ya.

Penyebab Layar TV LED Pecah

penyebab layar tv led pecah
penyebab layar tv led pecah

Banyak orang beranggapan bahwa layar atau tv LED mereka rusak akibat faktor kelalaian mereka sehingga tak masalah jika mereka nantinya akan mengeluarkan uang sebagai biaya servicenya.

Lalu selain akibat kelalaian diri sendiri, apakah kalian tau bahwa ada faktor lain yang mungkin bisa jadi penyebab tv LED kalian dirumah bisa pecah?

Seperti beberapa penyebab berikut ini :

  • penyebab pertama ialah, TV tidak mendapatkan ruangan yang cukup saat kamu letakkan dirumah
  • Penyebab kedua ialah, tv diletakkan pada ruangan yang cukup lembab padahal kamu tau bahwa tv dengan layar LED memiliki tingkat kesensitifan yang lebih tinggi dibandingkan jenis layar smart tv lainnya.
  • penyebab ketiga ialah kamu mencoba menghidupkan tv disaat arus listrik kamu tidak stabil sehingga mengakibatkan layar LED tv menjadi rusak atau pecah
  • penyebab keempat ialah menyalakan tv disaat ada petir sehingga tv bisa saja tersambar petir saat kondisinya sedang menyala
  • penyebab kelima ialah kamu sering lupa untuk mematikan dan mencabut colokan tv saat tidak digunakan

5 penyebab layar LED tv pecah diatas sebaiknya kamu perhatikan pada setiap penggunaanya agar list harga ganti layar LED tv pecah diatas tidak sampai membebani kamu ya.

Ciri-Ciri TV LED Rusak

ciri-ciri tv led anda dirumah rusak
ciri-ciri tv led anda dirumah rusak

Harga ganti layar tv LED pecah memang cukup fantastis namun jika kamu terlanjur menemukan ciri-ciri LED tv rusak di bawah ini itu tandanya kamu harus siap mengeluarkan uang bukan?

Ciri-ciri yang akan kamu temui sebagai tanda bahwa tv LED di rumah kamu sudah rusak ialah :

  • Layar tv LED tidak memunculkan gambar atau gelap
  • Layar tv LED mengeluarkan gambar namun tidak memiliki suara
  • TV mengeluarkan suara namun tidak ada tampilan gambarnya
  • Remore tv tidak berfungsi dengan baik
  • Layar tv LED mengeluarkan tampilan bergaris
  • TV tidak terhubung ke perangkat wifi kamu
  • Kondisi terparah ialah tv mati total

Cara Merawat LED TV Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat tv led anda agar tetap awet
sumber : cleanipedia.com

Tv merupakan alat elektronik yang sangat kita gemari tentunya. Pasalnya dengan menonton tv di rumah bisa memberikan sedikit hiburan untuk menghilangkan penat yang ada setelah seharian bekerja diluar rumah.

Akan tetapi jika tv LED kamu dalam kondisi rusak pastinya aktivitas menonton kamu akan terganggu juga bukan? Nah untuk menghindari biaya perbaikan tv rusak untuk harga ganti layar tv LED pecah dan biaya perbaikan lainnya yang cukup mahal.

sebaiknya kamu lakukan tindakan perawatan tv agar tidak cepat rusak berikut ini.

  • Cara pertama ialah hindari tv dari beberapa benda yang mengandung komponen magnet di dalamnya karena selain merusak komponen tv, magnet juga diyakini dapat mengurangi kualitas tv kamu.
  • Berikutnya jangan menyalakan tv dalam kondisi tv sedang panas akibat penggunaannya yang terlalu sering setiap harinya karena hal tersebut bisa membuat tv menjadi lebih cepat rusak.
  • Selanjutnya jangan menutup tv dengan kain karena kamu bisa merusak komponen tv yang sedang bekerja untuk mendinginkan tv akibat seharian sudah digunakan. Jadi sebaiknya kamu biarkan saja sampai tv benar-benar dalam kondisi dingin.
  • Perhatikan kondisi arus listrik di rumah kamu apakah memang mencukupi untuk menyalakan tv atau tidak. Jika tidak jangan dipaksakan karena kondisi tersebut bisa mengakibatkan tv cepat rusak nantinya.
  • Letakkan tv di tempat yang tepat dengan suhu ruangan yang tidak lembab, berdebu dan jauh dari paparan sinar matahari karena terpapar sinar matahari langsung akan mempengaruhi kerja dari tv tersebut.

Tips Memilih TV Yang Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Apabila kamu memutuskan hendak membeli TV LED maupun LCD, kemungkinan besar tips berikut ini bermanfaat buat kamu dalam memilih tv yang berkualitas dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Setelah pembahasan harga ganti layar tv LED pecah, berikut beberapa tips dalam memilih tv LED yang bagus serta berkualitas:

  • Sebelum membeli tv LED atau jenis tv lainnya ada baiknya kamu menyesuaikan harganya dengan budget yang kamu miliki agar tidak ada penyesalan di kemudian hari
  • Sebaiknya beli lah smart tv karena tv jenis ini mampu menangkap berbagai siaran tv dimanapun dan tentunya sudah diresmikan sebagai tv yang layak dipakai oleh seluruh masyarakat Indonesia
  • Pilihkan bentuk smart tv sesuai kebutuhan kamu
  • Silahkan kamu amati fitur-fitur yang ada pada tv yang hendak kamu beli apakah sudah lengkap atau tidak sebelum memutuskan untuk membelinya
  • Perhatikan identitas garansi pada tv yang hendak kamu beli apakah resmi, asli atau tidak
  • Sesuaikan ukuran tv dengan ukuran ruangan tempat peletakan tv di rumah kamu sebelum memutuskan untuk membeli tv tersebut
  • Kumpulkan seluruh pendapat pengguna terkait merk tv yang hendak kamu beli untuk lebih memastikan kualitasnya.

Penutup

Harga Ganti Layar TV LED Pecah
Harga Ganti Layar TV LED Pecah

Memutuskan untuk menggunakan TV LED memang merupakan pilihan yang tepat karena selain kualitas nya yang cukup bagus, desain serta tampilan layarnya juga terbilang sangat mewah.

Walaupun harga per unitnya serta harga ganti layar tv LED pecah nya juga masih terbilang cukup mahal ya. Semoga daftar harga ganti layar tv LED pecah diatas berguna untuk kamu yang sedang mengalami layar tv LED pecah dan terima kasih.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post