4 Cara Mengunci Pulsa Telkomsel Agar Tidak Terpakai Internetan

Irfan Nathanael

Kamu masih bingung cara mengunci pulsa Telkomsel? Kali ini Mocipay akan membantu kamu mengetahui beberapa cara yang dapat kamu gunakan, simak aartikel ini sampai selesai yaa.

Hampir semua pengguna Telkomsel pasti pernah kehilangan pulsa reguler tanpa ada sebab yang jelas, salah satu penyebab pulsa tersebut hilang dikarenakan belum mengunci pulsa tersebut.

Cara mengunci pulsa Telkomsel dibutuhkan agar pulsa yang dimiliki tidak berkurang secara tiba-tiba walaupun belum dipakai sama sekali. Kondisi ini biasanya terjadi ketika pengguna menyalakan paket data Internet namun paket yang dimiliki sudah habis.

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel
Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Saat ini Telkomsel masih menjadi provider yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pasalnya hanya Telkomsel yang sejauh ini dapat menjangkau jaringan sampai ke daerah-daerah terpencil, hal inilah yang menyebabkan pengguna Telkomsel di Indonesia sangat banyak.

Sebagai provider seluler dengan jaringan yang luas, Telkomsel memberikan inovasi layanan demi kemudahan pelanggan. Meskipun Telkomsel mendapatkan predikat provider terbaik, tapi banyak pengguna yang sering kehilangan pulsa reguler secara tiba-tiba.

🔰 Cara mengunci pulsa Telkomsel Menggunakan Kode Dial ✅
🔰 Cara mengunci pulsa Telkomsel agar tidak terpotong Kunjungi Grapari ✅
🔰 Cara menjaga pulsa Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel ✅
🔰 Jaga pulsa Telkomsel tanpa aplikasi SMS ✅
🔰 Partner Beli Pulsa Telkomsel Aplikasi Mocipay

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui cara mengunci pulsa Telkomsel agar pulsa kamu tidak berkurang secara tiba-tiba. Dibawah ini adalah cara mengunci pulsa Telkomsel:

1. Cara Mengunci Pulsa Telkomsel dengan Kode Dial

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel dengan Kode Dial
Cara Mengunci Pulsa Telkomsel dengan Kode Dial

Cara mengunci pulsa Telkomsel yang pertama adalah dengan menggunakan kode USSD. Melalui website resminya Telkomsel memberikan kode *726# sebagai salah satu cara untuk mengunci pulsa Telkomsel sehingga pulsa kamu tidak akan berkurang ketika kamu sedang tidak menggunakannya, berikut ini adalah caranya:

  1. Buka tombol panggilan 📞 pada ponsel.
  2. Masukkan kode *726#.
  3. Tekan tombol ‘Panggil’ atau ‘OK”.
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul pop-up menu penghentian layanan berbayar.
  5. Untuk mengetahui status layanan yang sedang aktif pada nomor Telkomsel kamu, pilih ‘1’.
  6. Pilih ‘Stop’ untuk langsung menghentikan layanan berbayar.
  7. Selesai.

2. Cara Mengunci Pulsa Telkomsel Menggunakan SMS

Cara mengunci pulsa telkomsel agar tetap terjaga dan tidak berkurang sama sekali dapat di kunci dengan mengirimkan pesan SMS telkomsel.

Cara ini cukup simpel, namun pastikan kamu memiliki pulsa minimal 1000 Rupiah untuk mengirimkan pesan kunci pulsa kepada provider Telkomsel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, pastikan kamu sudah mematikan data seluler kamu untuk menghindari terpotongnya pulsa secara tiba-tiba
  • Kemudian buka aplikasi pesan di ponsel masing-masing
  • Lalu klik percakapan baru
  • Ketik STOP dan kirim ke nomor 999677.
  • Tunggu beberapa saat sampai pesan terkirim.
  • Setelah itu kalian akan Mendapatkan Notifikasi Kunci Pulsa Berhasil.

3. Mengaktifkan Fitur Jaga Pulsa di Aplikasi MyTelkomsel

Mengaktifkan Fitur Jaga Pulsa di Aplikasi MyTelkomsel
Mengaktifkan Fitur Jaga Pulsa di Aplikasi MyTelkomsel

Jaga Pulsa adalah fitur yang tedapat di aplikasi MyTelkomsel untuk menghindari penggunaan pulsa untuk akses internet non paket. Dengan kata lain, ketika pelanggan sedang tidak berlangganan paket internet atau kehabisan kuota internet maka pulsa pelanggan tidak akan terpakai untuk akses internet.

Seluruh pelanggan Telkomsel dapat mengaktifkan fitur Jaga Pulsa di aplikasi MyTelkomsel. Jadi, kamu bisa mengunci pulsa Telkomsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Download aplikasi MyTelkomsel di ponsel kamu
  • Buka dan jalankan aplikasi MyTelkomsel
  • Login menggunakan nomor Telkomsel kamu
  • Ketika kamu berada di tempilan utama, klik menu yang ada di pojok kanan bawah
  • Pilih dan klik menu Jaga Pulsa
  • LAngkah terakhir adalah dengan mengaktifkan toggle Jaga Pulsa

Mengunjungi Gerai GraPARI Terdekat

Mengunjungi Gerai GraPARI Terdekat
Mengunjungi Gerai GraPARI Terdekat

Ketika kamu sudah melakukan semua cara diatas dan pulsa kamu masih tetap terpotong, maka cara mengunci pulsa Terkomsel yang terkahir adalah dengan mengunjungi gerai GraPARi terdekat yang ada di lokasi kamu.

GraPARI merupakan kependekan dari nama Graha Pari Sraya. Nama tersebut merupakan nama pusat layanan untuk pelanggan Telkomsel. GraPARI merupakan kantor pelayanan Telkomsel yang tersedia di kantor pusat Telkomsel setempat.

Di gerai GraPARI kamu bisa mendapatkan semua solusi permasalahan pada kartu Telkomsel kamu termasuk mengetahui cara mengunci pulsa Telkomsel. Ketika kamu ingin mengunci pulsa Telkomsel dengan mengunjungi GraPARI terdekat, maka kamu dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi GraPARI terdekat yang ada di lokasi kamu
  2. Setelah itu langsung menuju meja customer service
  3. Setelah mengunjungi customer service maka sampaikan kendala yang sedang kamu alami
  4. Sampaikan bahwa kamu mengalami pemotongan pulsa secara terus-menerus
  5. Nantinya customer service akan menanyakan nomor Telkomsel kamu
  6. Kemudian akan mengidentifikasi masalah yang kamu alami melalui sistem mereka
  7. Setelah dirasa sudah masalah selesai, maka customer service akan memberitahukan langkah yang tepat untuk kamu ambil.

Beberapa Penyebab Pulsa Telkomsel Terpotong Sendiri

Penyebab Pulsa Telkomsel Terpotong Sendiri
Penyebab Pulsa Telkomsel Terpotong Sendiri

Pada saat kuota internet Telkomsel habis, umumnya pulsa akan terpakai secara otomatis saat data seluler sedang menyala meskipun kadang internetnya tersebut berjalan tanpa disadari. Hal tersebut bisa di alami oleh semua pengguna Telkomsel.

Secara garis besar, terpotongnya pulsa Telkomsel secara tiba-tiba bukan terjadi tanpa sebab ataupun tanpa alasan. Salah satu dari sekian banyak kemungkinan adalah tidak sengaja melakukan registrasi pada suatu program yang diadakan oleh Telkomsel. Dibawah ini Mocipay telah merangkum beberapa penyebab pulsa Telkomsel terpotong:

  • Tidak Sengaja Berlangganan NSP

Penyebab pulsa Telkomsel terpotong pertama yaitu karena penggunanya berlangganan NSP (Nada Sambung Pribadi). Hal tersebut biasanya terjadi tanpa sengaja dan tanpa disadari yang akhirnya membuat pulsa terpotong dengan sendirinya.

Umumnya, hal ini pada saat pengguna sedang menelepon orang lain yang menggunakan NSP dan tanpa sengaja menekan tombol yang disarankan nada sambung pribadi orang tersebut, maka secara otomatis pulsa akan terpotog untuk melakukan pembayaran.

  • Klik Link Sembarangan

Penyebab pulsa Telkomsel terpotong berikutnya adalah karena sebelumnya kamu telah klikk link yang di kirimkan ke kamu. Hal ini bisa terjadi karena link tersebut merupakan merupakan link yang mengarahkan kamu ke situs yang dapat memotong pulsa kamu tanpa kamu ketahui.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus berhati-hati untuk mengklik setiap link yang di kirimkan kepada kamu. Pastikan bahwa link yang di kirimkan berasal dari orang yang kamu kenal atau orang yang kamu percayai agar link tersebut tidak mengarah ke hal-hal negatif seperti tepotongnya pulsa kamu.

  • Berlangganan SMS Premium Atau Konten Berbayar

Penyebab lain terpotongnya pulsa adalah karena penggunanya sudah berlangganan SMS premium atau konten berbayar dengan menggunakan pulsa.

Hal ini bisa ditandai apabila pelanggan tersebut mendapatkan SMS berupa kegiatan artis, ramalan bintang maupun konten-konten lainnya. Umumnya nomor pengirim pesan diawali dengan angka 99+++ dan akan memotong pulsa Rp 2.000 per SMS.

  • Hutang Pulsa Telkomsel

Penyebab pulsa terpotong sendiri berikutnya adalah ketika kamu sudah memiliki hutang pulsa Telkomsel di bulan sebelumnya. Hutang pulsa adalah salah satu fitur yang diberikan Telkomsel untuk penggunanya membeli pulsa namun tanpa harus membayar langsung.

Dengan fitur hutang pulsa, maka pulsa yang kamu miliki akan terpotong secara otomatis untuk membayar tunggakan kamu sebelumnya. Jadi pulsa kamu terpotong karena kamu memiliki hutang pulsa.

Tips Agar Pulsa Telkomsel Tidak Berkurang Sendiri

Tips Penjelasan
Nonaktifkan Layanan Tertentu Pastikan Anda menonaktifkan layanan tertentu seperti langganan berlangganan konten, layanan berlangganan tertentu, atau konten premium yang mungkin berlangganan secara otomatis dan mengurangkan pulsa Anda secara berkala. Cek pengaturan langganan Anda dan batalkan yang tidak Anda perlukan.
Hindari Klik Iklan Berlebihan Hindari mengklik iklan yang mungkin meminta akses ke pulsa Anda. Beberapa iklan mungkin mencoba memancing pengguna untuk berlangganan layanan atau melakukan pembelian yang tidak diinginkan. Selalu periksa iklan dengan hati-hati sebelum mengkliknya.
Periksa Aplikasi yang Menggunakan Data Seluler Beberapa aplikasi mungkin mengirim atau menerima data secara terus-menerus, yang dapat menghabiskan pulsa Anda. Pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi di ponsel Anda dan nonaktifkan akses data seluler untuk aplikasi yang tidak perlu selalu terhubung ke internet.
4. Hati-hati dengan Panggilan atau SMS Spam Hindari membalas atau mengikuti instruksi dari panggilan atau SMS spam yang mungkin mencoba menipu Anda untuk melakukan pembelian atau berlangganan yang tidak perlu. Segera blokir atau laporkan nomor yang meresahkan ini.
Aktifkan Mode Hemat Pulsa Beberapa ponsel memiliki mode hemat pulsa yang membatasi penggunaan data seluler atau panggilan saat pulsa Anda hampir habis. Aktifkan mode ini jika tersedia untuk menghindari penggunaan tak terduga.

Penutup

Cara Mengunci Pulsa Telkomsel
Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

Itulah beberapa cara mengunci pulsa Telkomsel yang telah Mocipay rangkum dan paling ampuh untuk kamu lakukan. Kunci pulsa sangat penting dilakukan untuk menghindari pulsa terpotong sendiri.

Untuk menghindari pulsa terpotong, pastikan kamu tidak berlangganan konten berbayar dan pastikan bahwa kamu tidak memiliki hutang pulsa.

Related Post