5 Cara Cek HP Realme Bekas Yang Berkualitas

Widya Samosir

Cara cek hp realme bekas tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan berbagai metode. Apalagi jika anda sudah mengantongi cara cepatnya pasti akan lebih mudah untuk dikerjakan.

Seperti anda dapat memulainya dengan cek kondisi fisik hp terlebih dahulu, disusul dengan cek kondisi dalaman hp, termasuk kondisi kesehatan software dan hardwarenya.

Tak sampai disitu saja, anda juga harus menjadi seorang yang teliti dalam melakukannya. Untuk itu kami menghadirkan cara cek hp realme bekas untuk membantu anda dalam mengetahui bagian penting yang harus di cek ketika membeli hp realme bekas dan bagaimana kondisi hp bekas yang bagus itu sebenarnya. Jadi jangan sampai ketinggalan penjelasannya ya

Cara Cek Hp Realme Bekas Untuk Semua Tipe

cara cek hp realme bekas yang berkualitas
sumber gambar : suara.com

Membeli hp bekas sebenarnya lebih beresiko dibandingkan dengan membeli hp baru untuk semua tipe karena kita tidak tahu sudah berapa banyak orang yang pernah menggunakan hp tersebut dan bagaimana cara penggunaan mereka.

Sedangkan untuk hp jenis baru kita tidak perlu khawatir karena kita merupakan tangan pertama yang menggunakannya dan apabila terjadi kerusakan maka hal tersebut berasal dari kualitas hp tersebut.

Oleh sebab itu sebelum membeli hp bekas khususnya hp realme maka sebaiknya dipikirkan secara matang-matang dan sebaiknya anda berpedoman pada cara cek hp realme bekas di bawah ini.

Tak hanya itu, anda juga sebaiknya mengutamakan pembelian secara langsung (COD) agar anda dapat melakukan pengecekan kondisi hp realme secara leluasa dan usahakan anda selalu teliti agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

1. Periksa Nomor IMEI HP Realme Bekas

nomor IMEI di box Hp
sumber gambar : fokusjabar.id

Imei merupakan deretan angka yang akan membuktikan identitas resmi handphone anda. Dengan kata lain 14 nomor tersebut akan memberikan informasi penting seputar nomor model ponsel serta nama perusahaan yang telah memproduksi hp realme tersebut.

Disisi lain, Imei juga akan membuktikan bahwa handphone tersebut legal atau tidak. Sebab apabila hp realme anda terbukti merupakan sebuah hp curian maka anda tidak akan bisa menggunakannya sama sekali.

Untuk itu, anda tentu melakukan pengecekan nomor Imei pada setiap pembelian hp khususnya hp realme bekas dan cara cek hp realme bekas untuk mengetahui nomor imei nya adalah sebagai berikut :

  • Buka menu telepon anda dan lakukan panggilan ke *#06#, apabila ada 14 digit angka muncul maka dapat dipastikan hp realme anda memiliki nomor Imei dan sebaliknya.
  • Cara kedua bisa anda lakukan melalui menu settings pada ponsel anda > kemudian pilih about phone atau tentang ponsel > lalu pilih status dan secara otomatis akan muncul nomor Imei hp realme anda.
  • Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah pengecekan imei melalui box dimana nomor imei biasanya akan tertera pada setiap box hp dan ini bisa anda lakukan apabila anda membeli hp realme bekas lengkap dengan box nya ya.

2. Sentuh LCD Hp Realme Bekas

LCD hp realme
sumber gambar : gihphone.com

Touchscreen dan LCD merupakan 2 komponen hp yang saling berhubungan dan sangat penting. Sebab apabila touchscreen tidak berfungsi hal tersebut pasti berasal dari LCD hp yang sedang bermasalah.

Nah, jika anda menemukan hp realme dengan kondisi tersebut maka penanganannya cukup sulit dan memakan banyak biaya sehingga tak sedikit orang yang memilih untuk membeli hp baru ketimbang memperbaikinya.

Akan tetapi anda dapat melakukan pencegahan sebelum menjadi korban dari kasus tersebut. Berikut cara cek hp realme bekas untuk kualitas touchscreen hp tersebut :

  • Coba geser layar utama hp realme ke kanan
  • Pilih device debuging
  • Pada menu yang muncul klik satu persatu mulai dari handwriting, touchscreen auto test dan verification untuk menguji kualitas touchscreen hp tersebut.

Sedangkan untuk cek LCD hp realme maka anda cukup melakukan cara yang sama seperti cara sebelumnya dimana:

  • Silahkan anda geser layar utama hp realme ke kanan kembali
  • Klik device debuging
  • Pilih LCD pada menu opsi yang muncul
  • Ikuti pengetesan LCD tersebut hingga akhir

Di samping itu, apabila anda ingin melakukan pengecekan LCD dan Touchscreen hp realme secara bersamaan maka anda cukup lakukan panggilan dial di kode *#808# dan secara otomatis akan muncul menu untuk melakukan pengecekan LCD maupun touchscreen secara bersamaan.

3. Uji Kualitas Speaker Hp Realme Bekas

perangkat speaker realme
sumber gambar : pindah.com

Pada handphone, speaker berfungsi untuk menghasilkan suara ketika melakukan panggilan termasuk pada saat anda sedang mendengarkan musik.

Sehingga speaker sama pentingnya dengan touchscreen maupun LCD. Sedangkan untuk jenis speaker pada setiap handphone tentu berbeda-beda ya sama halnya dengan kualitas speaker pada handphone baru dan bekas yang pasti memiliki perbedaan.

Cara cek hp realme bekas melalui speakernya bisa dilakukan dengan memutar nada dering bawaan hp dan dengarkan apakah bunyi suara yang dikeluarkan tidak pecah atau kasar.

Sebagai saran sebaiknya anda memutar nada dering tersebut menggunakan volume yang cukup besar karena tidak semua tipe hp realme memiliki volume suara yang besar.

Sehingga akan lebih nyaman jika mendengarkannya dalam tingkat volume yang cukup besar.

4. Periksa Keaslian Garansi Hp Realme Bekas

website resmi cek garansi hp realme
sumber : website resmi realme

Terkadang para pencari hp realme bekas juga berharap untuk memiliki hp realme bekas yang masih ada garansinya karena hp yang masih memiliki garansi aktif ataupun tidak akan terbukti bahwa penggunaannya masih digunakan oleh 1 orang saja dan masih terkatakan baru.

Akan tetapi tak jarang juga seorang penjual yang melakukan cara jahat untuk memanipulasi pembeli dengan menciptakan garansi hp realme palsu agar hp tersebut cepat laku.

Sehingga anda perlu ketelitian dan cara cek hp realme bekas melalui garansi yang diberikan. Berikut cara ceknya:

  • Pastikan anda telah mengingat nomor Imei hp tersebut atau gunakan cara sebelumnya untuk mengetahui nomornya.
  • Masuk ke website realme.com/id/support/phonecheck
  • Input nomor imei ke kolom cek kartu garansi
  • Klik sekarang dan tunggu prosesnya hingga selesai

Setelah anda memasukkan nomor imei dan muncul identitas garansi hp tersebut mulai dari tanggal pembelian, merek hp dan lainnya maka segera cocokkan dengan identitas ponsel melalui opsi tentang ponsel pada menu settings handphone anda.

Nah, jika sesuai maka handphone tersebut masih memiliki garansi aktif dan memang benar si penjual merupakan pembeli hp realme yang asli untuk pertama kalinya.

5. Coba Sinyal SIM Hp Realme Bekas

tampilan sinyal pada hp realme
tampilan sinyal pada hp realme

Cara cek hp realme bekas tidak luput dari yang namanya sinyal. Saat ini banyak sekali kasus penipuan hp bekas yang tidak bisa digunakan karena tidak ada sinyal yang muncul ketika pengguna memasukkan kartu SIM mereka.

Mengapa kasus itu bisa sampai terjadi? penyebabnya bisa saja dari handphone yang pernah mengalami kerusakan sebelumnya dan harus mengalami pembongkaran mesin hp atau adanya penumpukan catche pada ponsel yang menyebabkan ponsel sulit sekali untuk menemukan jaringan.

Biasanya seorang penjual akan menutupinya dengan cara cabut kartu SIM dan memory card yang ada disana, kemudian uninstall ponsel tersebut agar terlihat seperti baru lagi.

Sehingga tidak terlihat seperti hp realme bekas yang rusak melainkan baru. Nah, dalam mengatasinya silahkan anda masukkan kartu SIM anda dan lihat apakah ada sinyal yang muncul atau tidak.

Itulah sekilas penjelasan dari cara cek hp realme bekas, anda bisa melihat beberapa rekomendasi merek hp realme bekas yang tampilannya hingga harganya dijamin murah dan bagus.

Hp Realme Second Harga 1 Jutaan

hp realme second kualitas bagus
hp realme second kualitas bagus

Cara cek hp realme bekas diatas bisa anda pergunakan untuk cek deretan merek hp realme second dengan harga sekitar 1 jutaan berikut ini :

1. Realme C30

Berikut spesifikasi dan harga bekas untuk tipe hp realme C30 :

Spesifikasi Realme C30 Keterangan
Ram 2GB
Rom 32GB
Kamera Belakang 8MP
kamera Depan 5MP
Peforma chipset Unisoc T61
Baterai 5.000 mAh
Memori Eksternal Mendukung hingga 1 TB
Layar 6,5 inci
Resolusi layar HD
Harga second Rp. 1.140.000

2. Realme C33

Berikut spesifikasi dan harga bekas untuk tipe hp realme C33 :

Spesifikasi Realme C33 Keterangan
Kamera belakang 50MP
Baterai 5.000 mAh
Ram 3GB
Rom 32GB
Mampu bertahan Maks 43 jam
Ukuran layar 6,5 inch
OS Version 12
Kamera depan 3MP
CPU Mali G57
Processor Tiger T612
Harga second Rp. 1.500.000

3. Realme Narzo 50i

Berikut spesifikasi dan harga bekas untuk tipe hp realme narzo 50i:

Spesifikasi Realme narzo 50i Keterangan
Kategori Hp gaming kelas atas
Baterai 5.000 mAh
Ukuran layar 6,5 inch
Kamera belakang 8MP
Kamera depan 5MP
OS version Android 11
Resolusi layar 720 X 1600 pixel
Detail prosesor G85GPU
Harga Second Rp. 1.400.000

4. Realme C21

Berikut spesifikasi dan harga bekas untuk tipe hp realme C21:

Spesifikasi Realme C21 Keterangan
Ukuran layar 6,5 inch
Resolusi layar HD 720 X 1600 pixel
Kamera belakang 12MP
Kamera selfie 5MP
Ram 3GB
Rom 32GB
Baterai 5.000 mAh
Prosesor Helio G35
OS version Android 10
Harga second Rp. 1.000.000

5. Realme C15

Berikut spesifikasi dan harga bekas untuk tipe hp realme C15:

Spesifikasi Realme C15 Keterangan
OS version Android 10.0
Ukuran layar 6,5 inch
Resolusi layar 720 X 1560 pixel
Prosesor Helio G35
Ram 3GB
Rom 64GB
Kamera belakang 13MP
Kamera depan 5MP
USB Type C
Harga second Rp. 1.250.000

Tips Membeli Hp Realme Bekas Agar Tidak Kecewa

Cara cek hp realme bekas tentu berbeda dengan tips-tips berikut ini, jadi silahkan digunakan bersamaan dengan cara cek hp realme bekas agar pembelian hp anda tidak mengecewakan.

Tips  Penjelasan
Pahami Kebutuhan Anda Tentukan kebutuhan dan anggaran Anda sebelum mencari HP bekas. Apakah Anda memerlukan performa tinggi, kamera berkualitas, atau daya tahan baterai yang baik?
Cek Kondisi Fisik Periksa fisik HP dengan teliti. Pastikan tidak ada kerusakan atau goresan pada layar, bodi, atau komponen lainnya. Periksa tombol, port, dan slot kartu SIM dengan baik.
Uji Semua Fungsi Nyalakan HP dan uji semua fungsi. Periksa apakah semua tombol berfungsi, kamera berjalan baik, layar responsif, dan speaker berfungsi dengan baik.
Periksa IMEI Periksa nomor IMEI HP. Anda dapat melakukannya dengan dialing *#06# pada HP. Pastikan nomor IMEI cocok dengan yang tertera di kotak atau dokumen pembelian.
Riwayat Pemakaian Tanyakan kepada penjual mengenai riwayat pemakaian HP tersebut, seperti apakah pernah mengalami masalah atau pernah diperbaiki.

Bagaimana? cara cek hp realme bekas dan tips nya cukup mudah bukan? Jadi tunggu apalagi ayo buruan di coba tahapan tipsnya.

Penutup

Cara Cek HP Realme Bekas
Cara Cek HP Realme Bekas

Mendapatkan hp second berkualitas tentunya merupakan keinginan hampir semua pencinta alat komunikasi yang satu ini karena terkadang tidak semua orang mampu membeli hp yang baru dengan kualitas dan yang terbilang murah.

Oleh sebab itu, jangan tinggalkan cara cek hp realme bekas diatas beserta tipsnya agar lebih membantu anda menemukan hp realme bekas terbaik. Semoga dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post